Home News Peringati Hari Pahlawan, pit-pitPAN: ‘Napak Tilas Mataram Kotagede’

Peringati Hari Pahlawan, pit-pitPAN: ‘Napak Tilas Mataram Kotagede’

50
0
Tanam bibit untuk penghijauan lingkungan salah satu kegiatan pit-pitPAN, dengan tema ‘Napak Tilas Mataram Kotagede’, Minggu (21/11/2021). Foto: Kiriman Rifki

BERNASNEWS.COM — Masih dalam suasana Peringatan Hari Pahlawan, DPD PAN Kota Yogyakarta menyelenggarakan giat pit-pitPAN, dengan tema ‘Napak Tilas Mataram Kotagede’, Minggu (21/11/2021). Kegiatan ini diikuti oleh puluhan goweser yang merupakan kader dan simpatisan dari berbagai tingkatan se Kota Yogyakarta.

Sekretaris DPD PAN Kota Yogyakarta Rifki Listianto mengungkapkan, bahwa kegiatan Pit-pitPAN yang diikuti kader di berbagai tingkatan se Kota Yogyakarta juga simpatisan, hingga saat ini mampu menjadi kegiatan rutin setiap bulan.

Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, MA saat menyampaikan sambutannya dalam acara giat pit-pitPAN bertajuk ‘Napak Tilas Mataram Kotagede’, Minggu (21/11/2021). Foto: Kiriman Rifki.

“Tidak sebatas membudayakan bersepeda tetapi kami berupaya mengangkat potensi wilayah sesuai momentum,” jelas Rifki, melalui pesan eletronik kepada Bernasnews.com, Senin (22/11/2021).

Dikatakan, kegiatan diawali menyusuri lorong sayur Gembira Rejosari RW 6 Rejowinangun, lorong sayur Shinta Mina Pilahan, serta Makam Menteri Agama Pertama HM Rasjidi. “Setelah itu menyusuri Situs Watu Gantheng, Masjid Gede Mataram dan berakhir di Pendopo Kajengan Trunojayan,” ujar Rifki.

Selama kegiatan, lanjut Rifki, juga dilakukan aksi penanaman bibit tanaman, tabur bunga dan diakhiri penyerahan bantuan 5 anak yatim yang orangtuanya meninggal dunia akibat terpapar Covid-19. Bantuan diserahkan oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dan seorang tokoh masyarakat yang juga Ketua PDM Kota Yogyakarta Akhid Widi Rahmanto.

Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, MA dan Ketua PDM Kota Yogyakarta Akhid Widi Rahmanto secara simbolis menyerahkan bantuan kepada 5 anak yatim piatu akibat orangtuanya meninggal terpapar Covid-19. (Foto: Kiriman Rifki)

Menurut Rifki, melalui kegiatan itu pihaknya ingin menggugah kembali kiprah Yogyakarta bagi perjalanan bangsa. Banyak tempat yang menjadi saksi sejarah bagi keberlangsungan bangsa. Sedangkan dari aspek kepahlawanan, banyak monumen di Kota Yogyakarta yang dibangun untuk menghargai kiprah para pahlawan.

“Semua itu memiliki nilai edukasi yang harus dipahami oleh masyarakat baik warga maupun wisatawan. Tempat-tempat itu pun bisa disinggahi melalui bersepeda sembari menikmati budaya di wilayah,” ungkap Rifki Listiyanto, yang juga sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta itu. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here