Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Kawal Indonesia Bagikan Masker dan Sembako

    51
    0
    Ketua DPP Kawal Indonesia Ps Sarlin Mataheru M.Th secara simbolis menyerahkan bantuan masker dan paket sembako kepada anggota komunitas ojek online di Museum Pancasila Kentungan, Depok, Sleman, Jumat (1/10/2021). Foto: kiriman Yupiter Ome

    BERNASNEWS.COM – Banyak cara dilakukan kelompok masyarakat untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2021. Dan bagi Yayasan Kawal Indonesi dari Sabang sampai Merauke, memilih cara membagi bantuan berupa masker dan sembako bagi sesama yang membutuhkan.

    Di Jogja, Yayasan Kawal Indonesia bekerjasama dengan Komunitas Ojek Online (Ojol) membagikan masker dan sembako kepada warga di Monumen Pahlawan Pancasila di Kentungan, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Jumat (1/10/2021). Cara ini dipilih sebagai bentuk kepedulian Kawal Indonesia kepada sesama di tengah pandemi Covid-19.

    Ketua DPP Kawal Indonesia Ps Sarlin Mataheru M.Th secara simbolis menyerahkan bantuan masker dan paket sembako di Museum Pancasila Kentungan, Depok, Sleman, Jumat (1/10/2021). Foto: kiriman Yupiter Ome

    Menurut Staf Kasi Kepahlawanan, Keperintisan Kejuangan dan Restorasi Sosial (K3 KRS) Dinas Sosial DIY Malis yang mewakili Kepala Seksi K3KRS kepada Ketua DPP Kawal Indonesia dan rombongan, Museum Pahlawan Pancasila Kentungan, Sleman, menjadi saksi sejarah kelam keganasan G30S PKI. Selain yang ada di Lubang Buaya Jakarta , peristiwa serupa juga terjadi di Yogyakarta (Kentungan) dimana Brijen TNI Katamso dan Kolonel Sugiono menjadi korban/gugur.

    Menurut Malis, museum ini terbuka untuk umum dan sebagai pembelajaran sejarah bagi generasi muda Indonesia. “Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan,” kata Malis.

    Para pengurus dan anggota Kawal Indonesia saat berkunjung ke Museum Pancasila Kentungan, Depok, Sleman, Jumat (1/10/2021). Foto: kiriman Yupiter Ome

    Sementata Ketua DPP Kawal Indonesia Ps Sarlin Mataheru M.Th kepada wartawan mengatakan, hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia dengan memperingati Hari Kesaktian Pancasila d itempat yang sangat bersejarah. Hal ini mengingat Monumen Pahlawan Pancasila merupakani saksi sejarah bangsa yang sakral dan luar biasa.

    “Kita semua adalah satu, NKRI, gotong-royong dan kita terus berjuang sebagaimana para pahlawan sudah berjuang untuk memerdekakan, mempersatukan Indonesia dan perjuangan ini akan terus kita gelorakan,” kata Ps Sarlin Mataheru.

    Ketua DPP Kawal Indonesia Ps Sarlin Mataheru M.Th bersama rombongan foto bersama anggota komunitas ojek online di Museum Pancasila Kentungan, Depok, Sleman, Jumat (1/10/2021). Foto: kiriman Yupiter Ome

    Dikatakan, sebagai wujud perjuangan bersama, pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Kawal Indonesia mengadakan bakti sosial secara serentak di 25 provinsi dan 58 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Bakti sosial berupa anjangsana mambagikan masker dan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

    Khusus di Yogyakarta, Kawal Indonesia membagikan masker dan sembako kepada anggota komunitas ojek online, dimana mereka juga adalah pejuang untuk keluarga.

    “Untuk generasi muda saya berpesan agar tidak melupakan sejarah, karena sejarah adalah napak tilas kita untuk melangkah maju, agar bangsa ini menjadi besar, maju dan berjaya dan melanjutkan apa yang sudah dikerjakan oleh para pahlawan,” kata Sarlin Mtaheru. (lip)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here