Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPeringati Hari Kartini, Buruh Gendong Beringharjo Menjadi Model Fashion Show

Peringati Hari Kartini, Buruh Gendong Beringharjo Menjadi Model Fashion Show

bernasnews.com – Jangan sekali-kali melupakan sejarah demikian pesan bapak bangsa Indonesia, begitu pula dalam memaknai Hari Kartini yang merupakan hari kelahiran tokoh penggerak dan emansipasi wanita RA. Kartini, yang jatuh pada tanggal 21 April.

Banyak kegiatan dan acara untuk memperingati maupun memeriahkan Hari Kartini, guna mengenang kembali perjuangan tokoh emansipasi wanita Indonesia itu. Sebagaimana yang dilakukan oleh Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia Yogyakarta (PBIY).

Puluhan wanita pelaku budaya yang tergabung dalam PBIY, dalam rangka memperingati Hari Kartini menggelar kegiatan bakti sosial dan Fashion Show Bersama Buruh Gendong, Rabu (20/4/2022), di Pendapa Pintu Masuk Timur, Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta.

Ketua PBIY Tinuk Suhartini MG dalam sambutannya mengatakan, bahwa setiap bulan April kita merayakan hari kelahiran Ibu Kartini. Banyak kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk perayaannya. “Namun, ada juga sebagian masyarakat yang tidak punya kesempatan atau bahkan mungkin tidak terpikir oleh mereka untuk merayakan hari yang cukup popular bagi hampir seluruh rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Karena itulah, lanjut Tinuk, Komunitas PBIY ingin mengajak beberepa perempuan yang mungkin tidak punya waktu atau bahkan tidak pernah ikut merayakan. “Pilhan kami adalah orang yang seering kami temui, yaitu Buruh Gendong di Pasar Beringharjo,” tandasnya.

Lapak bazar super murah yang digelar oleh Dharma Wanita Persatuan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Kartini, Rabu (20/4/2022), di Pendapa Pintu Masuk Timur, Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta. Tedy Kartyadi/ bernasnews.com

Dikatakan Tinuk, selain memperingati Hari Kartini, kegiatan ini juga untuk mengingatkan kembali tentang budana kebaya kepada mereka para buruh gendong dan masyarakat luas di Yogyakarta. Sesuai misi PBIY yaitu mengenalkan kebaya sebagai busana dan jati diri perempuan Indonesia.

“Sekali dayung, kami bisa berbagi dengan para buruh gendong, bersama memperingati Hari Kartini, mengenakan kebaya dan fashion show, serta berbagi sembaki untuk mereka. Kegiatan yang sederhana ini berharap bisa menebar kegembiraan dan mengingatkan kembali Ibu Kartini,” ujar Tinuk.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Syam Arjayanti Yunianto menambahkan, selain bekerja sama dengan PBIY berupa fashion show dengan mengajak para buruh gendong pasar. Pihaknya juga menggelar bazar super murah pakaian layak pakai.

“Kami dari pengurus Dharma Wanita Persatuan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta juga menggelar bazar super murah pakaian layak pakai. Hasil penjualan bazar nantinya akan kembalikan kepada ibu-ibu yang hebat para buruh gendong di Pasar Beringharjo,” terang dia.

Dikatakan, para buruh gendong yang terlibat dalam kegiatan ini sejumlah 40 orang. Rata-rata berusia sepuh antara 60 – 75 tahun, dan sepertinya tidak ada regenerasi atau yang berminat untuk menggantikannya. “Mereka terdata dan tercatat oleh pengurus pasar. Buruh gendong juga mempunyai paguyuban,” pungkas Syam Arjayanti Yunianto. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments