Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPeringati Hari Jadi Ke-74, Kalurahan Balecatur Gelar Aneka Kegiatan dan Lomba

Peringati Hari Jadi Ke-74, Kalurahan Balecatur Gelar Aneka Kegiatan dan Lomba

bernasnews.com – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-74 Kalurahan Balecatur, Gamping, Sleman digelar berbagai agenda kegiatan, yang salah satunya adalah ziarah ke makam para lurah yang pernah menjabat dan bertugas di Balecatur, Jumat (17/6/2022) pagi.

Acara diawali dengan doa bersama sebelumnya, Kamis (16/6/2022) malam. Dipimpin langsung oleh Lurah Balecatur Andri Septiyanto, dihadiri Panewu Gamping Drs. Sarjana, M.Si, perwakilan lembaga masyarakat yang ada di Balecatur dan BPKal, serta Babinsa juga Babinkamtibmas setempat.

Pemotongan tumpeng selamatan Hari Jadi Ke-74 Kalurahan Balecatur oleh Lurah Balecatur Andri Septiyanto (Kiri) dan diserahkan kepada Panewu Gamping Drs. Sarjana, M.Si usai doa bersama, Jumat (16/6/2022) malam. Foto: Nuning Harginingsih/ bernasnews.com

Ketua Panitia Nanang Haryanto mengungkapkan, bahwa kegiatan peringatan Hari Jadi Kalurahan Balecatur ini baru dilaksanakan kembali setelah 2 tahun libur karena maraknya Covid-19, pada tahun-tahun yang lalu.

“Peringatan Hari Jadi Ke-74 kali in,i ada beberapa agenda yang telah direncanakan selain doa bersama, ziarah ke makam para mantan lurah Balecatur. Juga lomba administrasi PKK antar padukuhan, lomba burung berkicau, dan senam masal,” terang dia.

Sementara, lanjut Nanang, puncak peringatan akan dilaksanakan pada Sabtu (25/6/22 ), dengan hiburan campursari sekaligus pengumuman dan penyerahan hadiah aneka lomba. Menurut dia, kegiatan ini selain mengenang para leluhur juga untuk mengingat kembali, bahwa Kalurahan Balecatur merupakan penggabungan 4 kalurahan jaman dahulu.

Kalurahan yang digabung meliputi Jithengan, Gamol, Kluwih dan Nyamplung Lor berdasar Maklumat Pemerintah daerah Yogyakarta nomor 5 tahun 1948 pada tanggal 19 April 1948. Sehingga pada tanggal 19 April diperingati sebagai Hari Jadi Kalurahan Balecatur.

“Namun karena suatu hal baru bisa diperingati. Harapannya di hari jadi ini agar lebih baik lagi dalam segala hal. Pemerintah kalurahan bisa lebih bersinergi dengan semua lembaga yang ada di masyarakat demi Balecatur tercinta,”ujar Nanang.

Acara ziarah ke makam mantan lurah Balecatur yang dihadiri oleh Lurah Balecatur Andri Septiyanto (Kiri nomor 3), para pamong dusun, dukuh dan seluruh anggota BPKal Balecatur, Jumat (17/6/2022). Foto: Nuning Harginingsih/ bernasnews.com.

Sementara itu, Lurah Balecatur Andri Septiyanto dalam sambutannya menyampaikan mohon doa restu agar dia bersama pamong dan perangkat kalurahan, serta semua lembaga masyarakat dalam menjalankan tugas dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa halangan suatu apapun sehingga bisa mencapai Kalurahan Balecatur yang lebih sejahtera.

Dalam kesempatan yang sama Panewu Gamping Drs. Sarjana, M.Si memberikan wejangan, bahwa Balecatur pada usia ke-74 ini, kita (warga) harus selalu bersyukur, berdoa dan meminta kepada Allah serta selalu mendekatkan diri pada Allah.

“Karena Allah akan mengabulkan doa – doa dari hambaNya, yang datang berdoa kepadaNya walaupun terkabulnya doa kita itu tanpa kita tahu kapan datangnya,” tandas Sarjana. (nun/ ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments