Home Pendidikan Peringati HAN, Pelajar Dianugerahi Raja dan Ratu Literasi 2019

Peringati HAN, Pelajar Dianugerahi Raja dan Ratu Literasi 2019

749
0
Kepala MTsN 6 Kulon Progo Imam Syamroni SPd (kiri) bergambar bersama Kepala Perpustakaan "Darul Ilmi" MTsN 6 Kulon Progo Dra Rr Sri Mahmudati MA (kedua dari kiri) serta Raja Literasi Firman Ashari dan Ratu Literasi 2019 Fatma Diah Safitri, Rabu (24/7/2019). Foto : Drs Sutanto.

BERNASNEWS.COM –Dalam memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2019 tingkat DIY, MTsN 6 Kulonprogo memberikan anugerah Raja dan Ratu Literasi kepada siswa dan siswi sekolah tersebut, masing-masing Firman Ashari sebagai Raja Literasi dan Fatma Diah Safitri sebagai Ratu Literasi Tahun 2019.

Penghargaan itu diberikan karena mereka dinilai aktif berkunjung ke perpustakaan dan meminjam buku-buku bacaan di Perpustakaan “Darul Ilmi” MTsN 6 Kulon Progo. “Anugerah ini diberikan kepada siswa-siswi yang aktif di perpustakaan selama Tahun Pelajaran 2018/2019,” kata Kepala Perpustakaan “Darul Ilmi” MTsN 6 Kulonprogo Dra Rr Sri Mahmudati MA seperti dikutip Drs Sutanto, Guru MTsN 6 Kulon Progo, dalam rilis yang dikirim ke Redaksi Bernasnews.com, Rabu (24/7/2019).

Kepala Madrasah Imam Syamroni SPd mengapresiasi kepada kedua anak tersebut. “Anak-anak merupakan individu yang unik dan penuh potensi dan madrasah memiliki kewajiban memberikan ruang untuk mengoptimalkan potensi yang mereka miliki,” kata Imam.

Para pelajar MTsN 6 Kulon Progo mengibarkan bendera Merah Putih pada peringatan HAN, Selasa (23/7/2019). Foto : Drs Sutanto

Dikatakan, anak-anak merupakan investasi bagi masa depan. Dan siswa MTsN 6 Kulon Progo merupakan bagian dari DIY yang berpredikat daerah istimewa yang turut berkontribusi untuk terwujudnya generasi masa datang yang diidamkan. Terkait hal itu, hak dan kebutuhan anak-anak harus terpenuhi sehingga ketersediaan SDM yang unggul untuk masa depan DIY tersedia dengan baik.

Menurut Imam, pada tahun 2019 madrasah juga terus berupaya memenuhi hak anak untuk mengembangkan potensi mereka. Dengan mengambil tema Hamemayu Sesanti Ajining Pertiwi atau Membangun Identitas dan Karakter Anak untuk Berbangsa dan Bertanah Air Indonesia, peringatan HAN mengandung harapan agar anak-anak di DIY tumbuh menjadi pribadi religius, mandiri, peduli pada lingkungan dan sosial.

“Madrasah memberikan ruang kepada anak untuk berekspresi, melalui ektra kepramukaan, latihan peleton inti, program literasi, drumband dan program tahfidz. Namun demikian kami tidak bisa sendiri, harus ada dukungan dari stakeholder terkait. Dan paling utama adalah dukungan keluarga,” tandas Imam.

Kepala MTsN 6 Kulon Progo Imam Syamroni S.Pd selaku pembina upacara peringatan Hari Anak Nasional, Selasa (23/7/2019). Foto : Drs Sutanto

Upacara peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2019 yang diikuti guru, karyawan dan siswa dilakukan di lapangan upacara Madenaku, Klampok, Brosot, Galur, Kulon Progo, Selasa (23/7/2019). Membacakan amanat dari Gubernur DIY, Imam menyampaikan, setiap anak harus mendapatkan kesempatan untuk berkembang secara optimal, memperoleh perlindungan serta mendapatkan haknya dengan adil.

Hasil dari pemenuhan ketiga aspek tersebut memang belum begitu terlihat saat para calon pemimpin bangsa ini masih kecil, namun beberapa dekade yang akan datang hasil yang positif akan terlihat. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here