Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomeNewsPeringatan Serangan Umum 1 Maret Ditetapkan Sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara, Inilah...

Peringatan Serangan Umum 1 Maret Ditetapkan Sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara, Inilah Bunyi Keppresnya!

bernasnews.com — Tanggal 1 Maret bagi masyarakat Jogja memang bisa dikatakan istimewa, karena pada tanggal tersebut telah tercatat dalam sejarah yaitu terjadinya peristiwa heroik, peristiwa penyerbuan oleh para pejuang terhadap invasi Belanda yang dikenal dengan sebutan Serangan Umum.

Peristiwa Serangan Umum yang terjadi pada tanggal 1 Maret 1949 yang digagas oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan diperintahkan oleh Panglima Besar Jendral Soedirman tersebut setiap tahunnya selalu diperingati dengan khidmat.

Peringatan Serangan Umum pada tahun ini, lebih istimewa dan membangakan bagi warga Jogja maupun rakyat Indonesia lantaran Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menetapkan tanggal 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara, yang tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara, dan ditandatangani oleh presiden pada tanggal 24 Februari 2022.

Dalam keputusan presiden tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara, disebutkan pada diktum kesatu menetapkan tanggal 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Rakyat. Diktum kedua,Hari Penegakan Kedaulatan Negara bukan merupakan hari libur. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments