Home News Peringatan Nyepi Tawur Agung Tetap Diselenggarakan, Gelar Budaya Wisnu Sakti Ditunda

Peringatan Nyepi Tawur Agung Tetap Diselenggarakan, Gelar Budaya Wisnu Sakti Ditunda

560
0
Panitia Peringatan Hari Raya Nyepi dan Panitia Gelar Budaya Wisnu Sakti foto bersama usai acara Jumpa Pers, Sabtu (14/3/2020), di Kantor Unit Candi Prambanan. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Sehubungan Tawur Kesanga merupakan ritual bagian yang tidak terpisah dari rangkaian peringatan Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu, maka kegiatan ini tetap dilaksanakan, Selasa, 24 Maret 2020, Pukul 07:30 – 11.45 WIB, di Pelataran Wisnu Mandala, Candi Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Demikian keterangan tertulis dari Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Klaten yang dikirim ke Bernasnews.com, Rabu (18/3/2020).

Surat yang ditandatangani oleh Ketua, Ir. I Gusti Gde Hendrata Wisnu, MMR dan Sekretaris, Drs. Suparman, MPdH, juga menjelaskan bahwa kegiatan lain bersifat seremonial yaitu, bersih candi, yoga masal, dan saresehan ditiadakan karena bukan bagian dari ritual Hari Raya Nyepi.

“Dimohon bagi umat Hindu maupun khalayak lain yang hadir untuk menerapkan protocol pencegahan Covid-19 (Corona) dan tidak mengerahkan massa. Panitia Pelaksana beserta pihak PT. Taman Wisata Candi Prambanan akan melaksanakan protocol cegah Covid-19 untuk masuk kawasan candi,” tegas Hendrata.

Promo pemberitahuan penundaan acara. (Repro)

Hendrata menambahkan, bahwa Acara Gelar Budaya Malam Pengrupukan diundur pada tanggal 18 April 2020, bersamaa dengan peringatan Hari Warisan Budaya Dunia. Sementara itu, Nurkotimah, MA selaku Ketua Gelar Budaya saat dihubungi oleh Bernasnews.com melalui pesan Whatas App (WA) membenarkan hal itu.

“Acara Gelar Budaya Malam Pengrupukan atau disebut juga Gelar Budaya Wisnu Sakti yang merupakan pegelaran kali ketiganya bertemakan “Wonderful Hindunesia: Santi Jagad”. Melibatkan sekitar 125 orang seniman tari dan pemusik, juga Sang Maestro Tari Didik Nini Thowok ditunda pada 18 April 2020,” jelas Nurkotimah.

Akeolog muda dalam akun facebook akrab disapa Nur Kesawa ini juga menuliskan status penyampaian permohonan maaf atas ketidaknyaman, bahwa acara Gelar Budaya Wisnu Sakti ditunda pada tanggal 18 April 2020. Alasan pemilihan tanggal 18 Apri 2020 karena tanggal 18 April diperingati sebagai World Heritage Day.

“Jadi entar gelar budaya tampil dalam rangka itu… so don’t miss it. Tapi acara Tawur Agung tetap dilaksanakan ya.. dengan berbagai SOP,” ujarnya. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here