Home Pendidikan Peringatan 100 Tahun TK ABA Kauman: Inilah Program Sekolah TK Kekinian

Peringatan 100 Tahun TK ABA Kauman: Inilah Program Sekolah TK Kekinian

856
0
Guru TK ABA Kauman, Yogyakarta berfoto bersama usai melaksanaan kegiatan. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Selain telah dilaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka peringatan dan memeriahkan Milad 100 Tahun Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) Kauman, Yogyakarta. Taman Kanak-kanak yang awal berdirinya dengan nama dalam bahasa Jerman “Froebel Kindergaten Aisyiyah” ini didirikan pada tanggal 21 Agustus 1919 oleh Nyai Ahmad Dahlan (Siti Walidah). Disamping merupakan sekolah TK tertua, juga bisa disebut menjadi bagian dari sejarah kebangsaan dan pendidikan di Indonesia, serta mempunyai berbagai program pendidikan pembelajaran yang menarik.

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Kesiswaan, Dewi Widyastuti, SPdI, Jumat (23/08/2019), kepada Bernsnews.com, menjelaskan, TK ABA Kauman memiliki program-program yang luar biasa dimana program dan kegiatan guna meningkatkan perkembangan Afektif, Kognitif dan Psikomotorik anak. Agar seimbang jiwa dan raganya menjadi yang sholeh sholekah memiliki pengetahuan umum dan pengetahuan agama Islam sejak dini.

“Sistem pembelajaran yang menyenangkan membuat anak aktif, kreatif, inovatif dan Islami. TK ABA Kauman selalu menyelenggarakan kegiatan Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) dan Perayaan Hari Besar Nasional (PHBN). Meiliki ciri dan keunggulan dalam bidang keagamaan Islam, juga memberikan fasilitas minat bakat anak,” jelas Dewi di sela-sela kegiatan mengajar.

Dalam kegiatan ekstrakurikuler, Dewi Widyastuti menambahkan bahwa di TK ABA Kauman mempunyai program Iqra’ Muratal Al Quran, Literasi Perpustakaan Kids, Komputer Kids, Bahasa Inggis Kids. Dan yang bersifat ketrampilan  seni atau olahraga seperti berenang, silat Tapak Suci, menari, menyanyi, musik angklung, melukis, dan drumband.

Berkenaan dengan kegiatan pendidikan dan kegiatan ajar mengajar Kepala Sekolah TK ABA Kauman Emi Widayati, SPd.AUD, menyampaikan terima kasih kepada para guru, pengurus, orang tua wali murid dan komite sekolah yang selalu kompak bekerjasama dan membangun kemitraan yang baik dengan kekeluargaan.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada guru, pengurus, wali murid, dan komite sekolah yang selalu kompak bekerjasama dan membangun kemitraan yang baik dengan penuh kekeluargaan. Sehinga TK ABA Kauman selalu dalam kesuksesan dan kelancaran dalam menjalankan program-programnya sebagaimana harapan bersama,” ujar Emi.

Sementara itu, Pengurus TK ABA Kauman Hj. Titik Fahmi, menyampaikan ucapan selamat milad ke 100 tahun kepada TK ABA Kauman yang selalu berkhimad untuk negeri. “Semoga ke depan semakin jaya, maju, sukses dan terus berupaya untuk selalu semangat dan terus berjuang dalam mencerdaskan anak bangsa dan menanamkan pembiasaan akhlak mulia yang Islami,” imbuhnya. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here