Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPerihal ‘Klitih’, Beginilah Bunyi Surat Sekda DIY!

Perihal ‘Klitih’, Beginilah Bunyi Surat Sekda DIY!

BERNASNEWS.COM — Tindak kejahatan jalanan oleh remaja (klitih) yang terus meningkat di DIY dan memunculkan tagar ‘Jogja Darurat Klitih’ beberapa waktu lalu memang menjadikan keprihatinan bersama bagi warga Jogja. Kejadian ini menjadikan bahasan yang menarik oleh banyak media, termasuk beberapa televisi swasta nasional mengulasnya.

Bahkan secara pribadi Hj Dra. Sri Handayani, MM selaku Anggota Komisi D Kabupaten Sleman dari Fraksi PDI Perjuangan pun menyampaikan sumbangan pemikiran ‘Urun Rembug Perihal Klitih’, dalam rubrik Opini, di Bernasnews.com, 5 Januari 2022. Menjadi angin segar karena peristiwa itu, Pemerintah Kabupaten Sleman mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 45, Tahun 2022 tentang Jam Rumah/ Jam Istirahat Anak, yang telah disosialisasikan, Senin (17/1/2022).

Perlu untuk diketahui bahwasannya peristiwa dan kemunculan tagar itupun direspon cepat oleh Pemda DIY melalui Sekretaris Daerah (Sekda) DIY yang menerbitkan Surat bernomor 300/ 0015, Hal: Pencegahan Kejahatan Jalanan, tertanggal 3 Januari 2022, yang ditujukan kepada Lurah Kalurahan se-Kabupaten/ Kota Daerah Istimewa Yogyakarta. Hanya saja sepertinya surat yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji kalah viral dibandingkan pemberitaan peristiwa klitih sendiri.

Berdasar pengamatan Bernasnews.com, surat Sekda DIY itu muncul diunggah oleh seseorang pemilik akun bernama Sujima di akun facebook ‘info cegatan jogja’, Selasa (18/1/2022). “Nderek posting mind, info pencegahan criminal remaja, monggo sederek sederek sedanten, ingkang sampun gadah putro remaja, monggo sami dipun control kegiatan diluar jm sekolah, ampon ngantos dados korban nopo pelaku kejahatan, lan monggo sami di pun gresengaken ronda malam. Menjga lingkungan masing2 saat ini marak kejahatan remaja bawah umur, lan kejhtan yang laine. Waspadalh.. Waspadalah…” bunyi tulisan statusnya yang disertai foto surat sekda tersebut.

Surat Sekda DIY. (Foto: Tangkapan Layar WA)

Surat Sekda DIY perihal Pencegahan Kejahatan Jalanan itu baru muncul di sebuah WA Grup Pengurus Kampung, di Wilayah Njeron Beteng Kraton Yogyakarta, Rabu (19/1/2022). Saat dikonfirmasikan kepada seorang lurah, ia mengatakan bahwa surat tersebut memang benar adanya. “Surat Sekda DIY itu beredar di Grup WA Tapem, hanya bentuk phisik (kertas) hingga kini belum sampai ke kantor kelurahan,” ujarnya.

Sementara bunyi surat yang ditandatangi oleh Sekda DIY sebagai berikut; Dengan hormat, Dengan ini kami sampaikan bahwa aksi kejahatan jalanan oleh remaja di Daerah Istimewa Yogyakarta terus meningkat dan sangat mengkhawatirkan. Sehubungan hal tersebut, kami mohon kepada Lurah untuk mengaktifkan peran Jaga Warga di wilayah saudara dalam tindakan preventif pencegahan guna mengantipasi terjadinya kejahatan jalanan khususnya oleh remaja.

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai berikut; 1. Menghimbau keluarga – keluarga untuk lebih peduli dan memantau aktivitas anak-anaknya di luar jam sekolah. 2. Memonitoring dan menghimbau tempat-tempat yang biasa dipakai kumpul-kumpul/ nongkrong kaum muda, agar aktivitas di tempat tersebut tidak mengarah pada kejahatan.

3. Menggerakkan warga masyarakat untuk lebih peka dengan lingkungan sekitarnya dan segera melaporkan kepada yang berwajib apabila menemukan indikasi pelanggaran yang mengarah pada kejahatan jalanan. Demikian atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terimakasih.

Surat itu juga ditembuskan kepada Gubernur DIY, Bupati/ Walikota se-DIY, Kasatpol PP DIY, Kasatpol PP Kabupaten/ Kota, Panewu se-DIY, dan Mantri Pamong Praja se-DIY. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments