Wednesday, August 10, 2022
spot_imgspot_imgspot_img
spot_img
HomeSeni BudayaPerhelatan Nikah Bareng 3M, Calon Pengantin Naik Sepeda Menuju KUA Kotagede

Perhelatan Nikah Bareng 3M, Calon Pengantin Naik Sepeda Menuju KUA Kotagede

BERNASNEWS.COM — Di balik duka ada suka itulah hukum semesta atas ciptaanNya, Malioboro berduka akibat adanya demo yang anarkis, Kamis (8/10/2020), namun di sudut tenggara Kota Yogyakarta ada kegiatan yang membahagiakan, berupa perhelatan nikah bareng yang diselenggarakan oleh Forum Ta’aruf Indonesia (FORTAIS) Sewon, Bantul dan KUA Kotagede Yogyakarta. Juga didukung Pemerintah Kota Yogyakarta dan beberapa pendukung lainnya.

Empat pasang calon penganten peserta Nikah Bareng 3M naik sepeda bersma-sama menuju KUA Kotagede, Yogyakarta, Kamis (8/10/2020). Foto: Istimewa.

“Acara yang bertema “Manten Bergerak 3 M, Di tengah Pandemi untuk Indonesia ini dalam rangka menyemarakan HUT Ke 264 Kota Yogyakarta. Acara ini  gratis full fasilitas dari biaya nikah, mahar unik, cincin kawin tematik dengan tulisan aksara jawa, rias, baju pengantin, dokumentasi dan bulan madu,” ungkap Ketua Golek Garwo FORTAIS Sewon dan Nikah Bareng Nasional RM. Ryan Budi Nuryanto, SE.

Dikatakan, acara ijab qobul dikemas unik pertama di Indonesia dan dunia karena para calon pengantin berolahraga dahulu naik sepeda, serta tetap mematuhi protokol kesehatan menuju ke KUA Kotagede, Yogyakarta sejauh 500 meter. “Mahar pernikahan adalah seperangkat alat sholat dan masker sejumlah 264 buah (sesuai dengan HUT Ke 264 Kota Yogyakarta),” ujar Ryan.

Ijab qobul calon pengantin oleh naib KUA Kotagede, Yogyakarta dilakukan dengan naik sepeda. (Foto: istimewa)

Setelah prosesi pernikahan, lanjut Ryan, masker tersebut langsung dibagikan dengan bersepeda berkeliling sejauh 2 KM bersama jajaran Muspika Kotagede di wilayah Kotagede. Sebagai komitmen mereka menjadi Duta Protokol Kesehatan di masyarakat dan kehidupan berumah tangga.

Sementara 4 pasangan yang menikah adalah, Sri Wulandari (50 tahun), Gondokusuman, Yogyakarta dan Ariasta Putra Hendarta (25 tahun), Kotagede,Yogyakarta; Maimunah (51 tahun), Pakualaman, Yogyakarta dan Savana Ardi Hudaya (42 tahun) Umbulharjo, Yogyakarta; Ani Rohayati (31 tahun) Caturharjo, Sleman dan Awal Ahmadi (45 tahun), Tempel, Sleman, serta pasangan Ambar Eknosari (27 tahun) Ponjong, Gunungkidul dan Sukoco (32 tahun), Playen, Gunungkidul.

Tampak sepasang mempelai tetap berbalut busana pengantin membagikan masker pada masyarakat, Kamis (8/10/2020), sebagai bentuk komitmen sebagai Duta Protokol Kesehatan. (Foto: Istimewa)

Prosesi ijab oleh Kepala KUA Kotagede Setyo Purwadi S, Ag dengan saksi nikah antara lain, Asisten Kesra Setda Kota Yogyakarta H. Sisruwadi, SH, MKn, Camat Kotagede Rajwan Taufiq, SIP, MSi, dan Ketua FORTAIS & Nikah Bareng Nasional. Nikah Bareng kali ini adalah serie ke- 6 yang digelar di tengah pandemi guna meringankan beban masyarakat untuk menikah sesuai dengan protokol kesehatan.

“Kami juga menyatukan tekad bersama 8500 pasang Alumni Golek Garwo dan Nikah Bareng untuk mengkampanyekan 3M. Mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak) dalam kehidupan tatanan baru atau normal baru ini,” pungkas Ryan. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments