Home Pendidikan Perguruan Tinggi Didorong untuk Segera Melaksanakan PTM

Perguruan Tinggi Didorong untuk Segera Melaksanakan PTM

88
0
Prof Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Covid-19. Foto: covid19.go.id

BERNASNEWS.COM – Perguruan tinggi sudah diperbolehkan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) asalkan memenuhi syarat yang diatur dalam Surat Edaran Dirjen Dikti Kemendikbud Ristek Nomor 4/2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022 tertanggal 13 September 2021.

Perguruan tinggi yang diperbolehkan melaksanakan PTM adalah yang berada di daerah dengan PPKM Level 1 sampai dengan PPKM Level 3. Saat ini sebagian besar provinsi berada di PPKM Level 1 sampai dengn PPKM Level 3.

Menurut Prof Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, penyelenggaraan PTM terbatas di perguruan tinggi dilakukan guna menekan risiko learning loss atau menurunnya kemampuan belajar mahasiswa dan menjaga kualitas pembelajaran mahasiswa. 

Dikutip Bernasnews.com dari laman covid19.go.id yang diunggah pada Rabu, 29 September 2021, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa bila ada kasus positif di kampus, maka pemimpin perguruan tinggi harus menghentikan sementara aktivitas pembelajaran tatap muka di area yang terkonfirmasi tersebut.

Wiku menyebutkan beberapa aturan teknis penyelenggaraan PTM terbatas sesuai dengan peraturan yang berlaku, yakni kampus diharapkan menyediakan sarana sanitasi, mengurangi tempat berkumpul tertutup dan menimbulkan kerumunan. Selain itu, seluruh pengajar, peserta didik dan individual lain yang berada di lingkungan kampus wajib mengenakan masker dan menjaga jarak serta kapasitas maksimal kelas untuk setiap sesi belajar mengajar sebanyak 50 persen. (lip)

Lalu, demi menja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here