Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeEkonomiPeresmian PUKAT DIY Sekaligus Pelantikan Pengurus pada Jumat

Peresmian PUKAT DIY Sekaligus Pelantikan Pengurus pada Jumat

bernasnews.com –Menurut rencana Mgr Robertus Rubiyatmoko, Uskup Agung Semarang, akan meresmikan sekaligus melantik pengurus Perkumpulan Profesional dan Usahawan Katolik (PUKAT) Kevikepan DIY di Gereja Katolik Kristus Raja Baciro, Yogyakarta, Jumat 29 April 2022.

PUKAT DIY akan menjadi wadah dan jejaring bagi para profesional dan usahawan Katolik di Yogyakarta. Selain itu, PUKAT DIY sebagai media untuk saling memberi dukungan dan bantuan di antara sesama anggota, terutama dalam menjalankan profesi dan bisnisnya seturut moral dan etika yang diajarkan oleh Gereja Katolik, yang dikenal sebagai Ajaran Sosial Gereja.

Menurut Agustinus Willy Sudjono, ketua panitia acara pelantikan yang juga Ketua PUKAT DIY, mengatakan, melalui PUKAT DIY, para profesional dan usahawan Katolik di Yogyakarta diharapkan makin mampu menjadi berkat dalam bidang-bidang yang sesuai dengan profesi dan usaha mereka.

Willy memberi contoh, anggota PUKAT DIY saling memberkati antaranggota dan membantu Gereja dalam hal perekonomian maupun bidang-bidang yang sesuai atau dimiliki oleh para anggota PUKAT.

“Secara konkret anggota PUKAT DIY bisa membantu umat dan masyarakat secara khusus seperti dalam bidang pendidikan, hukum, kerja sama, konstruksi, arsitek, kesehatan, bisnis, dan lain sebagainya,” kata Willy Sudjono dikutip bernasnews.com dari rilis yang dikirim Petrus Eko, Sekretaris PUKAT DIY, Kamis 28 April 2022.

Menurut Willy Sudjono, PUKAT DIY akan terlibat dalam gerak Gereja dan pengembangan ekonomi kaum muda di era 4.0, salah satunya dengan cara membantu memanfaatkan aset-aset Gereja yang selama ini tidak atau kurang produktif untuk menjadi
diupayakan bisa memberi manfaat bagi banyak pihak.

Selain itu, PUKAT DIY juga akan membantu Gereja dalam hal pengelolaan usaha, perekonomian dan perpajakan. Dengan uluran tangan PUKAT diharapkan Gereja dan seluruh organisasi di dalamnya, termasuk serikat atau tarekat yang ada, bisa makin mandiri secara ekonomi sehingga makin bisa melayani dengan lebih baik dan makin bisa menjadi berkat bagi umat.

“PUKAT DIY juga siap berjejaring dan membantu usaha masing-masing, memberikan training-training yang berhubungan dengan usaha dan perekonomian. Selain itu memberikan dukungan kepada dunia pendidikan di bawah Gereja atau organisasi di dalamnya dalam bentuk kolaborasi dalam usaha baik secara pribadi maupun secara crowdfunding,” kata Willy.

Sementara Robert Hadi, Ketua PUKAT Nasional, menyambut baik dan bersyukur atas berdirinya PUKAT Kevikepan Yogyakarta, Keuskupan Agung Semarang.

“Kami semua anggota Profesional dan Usahawan Katolik di mana pun, bukan hanya yang berada di Yogyakarta atau Keuskupan Agung Semarang, menyambut baik atas kehadiran dan dilantiknya pengurus PUKAT DY,” ujar Robert Hadi.

Dikatakan, dengan makin banyak yang terlibat di dalam menjalankan visi dan misi (tujuan dan tugas perutusan) PUKAT, akan menunjang terwujudnya masyarakat adil dan makmur selaras dengan cita-cita bangsa Indonesia tercinta. Hal ini akan makin selaras dengan Arah Dasar Keuskupan Agung Semarang yang merupakan reksa pastoral Bapa Uskup Agung Semarang. (lip)



spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments