Home News Perempuan Jenggala Gelar Donor Darah Secara Serentak di Beberapa Daerah

Perempuan Jenggala Gelar Donor Darah Secara Serentak di Beberapa Daerah

315
0
Para Pengurus Perempuan Jenggala DIY (dari kiri ke kanan) Iim, Ula, Christina, Gayatri foto bersama di sela-sela aksi donor darah di Kantor UDD PMI Tegalgendu Kotagede, Kota Yogyakarta, Sabtu (5/9/2020). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Perempuan Jenggala DIY menggelar aksi donor darah di Kantor Unit Donor Darah PMI Kota Yogyakarta di Jalan Tegalgendu Kotagede, Kota Yogyakarta, Sabtu (5/9/2020). Aksi donor darah yang dilakukan Perempuan Jenggala DIY ini merupakan bagian dari Gerakan Donor Darah Perempuan Indonesia (GDDI) dan 8 komunitas perempuan lainnya yang dilakukan secara serentak di sejumlah daerah di Indonesia.

“Aksi donor darah ini dalam rangka membantu PMI karena stok darah makin menipis di masa pandemi Covid-19. Dan Perempuan Jenggala melaksanakan penggalangan aksi donor darah di beberpa daerah di Indonesia,” kata Christina Ari Retnaningsih, Ketua Perempuan Jenggala DIY, kepada Bernasnews.com melalui layanan pesan whatsapp, Minggu (6/9/2020) malam.

Donor darah Perempuan Jenggala DIY di Kantor UDD PMI Tegalgendu Kotagede, Kota Yogyakarta, Sabtu (5/9/2020). Foto : Istimewa

Menurut Cristina, aksi donor darah secara serentak yang dilakukan GDDI dan 9 komunitas perempuan, termasuk Perempuan Jenggala, dibuka oleh Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat HM Jusuf Kalla di Pondok Indah Golf Club, Jakarta, Sabtu (5/9/2020).

Pada kesempatan itu, HM Jusuf Kalla mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar lebih meningkatkan kepedulian untuk donor darah saat pandemi Covid-19 karena saat ini jumlah pendonor berkurang drastis bahkan turun hingga 50 persen.

Menurut Christina, donor darah kali ini merupakan kegiatan awal dari rangkaian aksi donor darah yang akan dilaksanakan di berbagai kabupaten lainnya. “Tidak mudah pada saat pandemi ini untuk bisa melaksanakan kegiatan donor darah. Protokol Kesehatan harus benar-benar dijalankan, jangan sampai ada penumpukan orang di satu lokasi tertentu, jarak tetap terjaga, masker harus pakai, pengukuran suhu dilakukan di area masuk ruang donor, tempat tidur untuk pendonor pun dibersihkan dengan disinfektan setiap selesai dengan pendonor,” kata Christina Ari Retnaningsih.

Donor darah Perempuan Jenggala DIY di Kantor UDD PMI Tegalgendu Kotagede, Kota Yogyakarta, Sabtu (5/9/2020). Foto : Istimewa

Sementara Ketua Umum GDDPI yang juga Ketua Umum Perempuan Jenggala Vicky W Kartika mengatakan Gerakan Donor Darah Perempuan Indonesia dibentuk atas inisiatif beberapa organisasi berangkat dari kegelisahan kurangnya stok darah, yang mana sangat dibutuhkan para pasien dengan kondisi kritis di tengah pandemi, yang belum diketahui pasti kapan berakhirnya.

“Gerakan Donor Darah Perempuan Indonesia merupakan sebuah gerakan sosial kami bersama organisasi mitra untuk mengumpulkan kantung darah, yang akan diserahkan kepada Palang Merah Indonesia,” kata Vicky. (lip)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here