Sunday, May 22, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePerbedaan PT dan CV dari Definisi hingga Proses Pendiriannya

Perbedaan PT dan CV dari Definisi hingga Proses Pendiriannya

bernasnews.com – Simak perbedaan PT dan CV, dua istilah badan usaha yang sering Anda dengar. Hal ini harus dipahami oleh seseorang yang akan mendirikan badan usaha sebagai legalitas bisnis yang dijalankan.

Meski sama-sama merupakan badan usaha, ada perbedaan PT dan CV yang perlu diketahui. Jangan sampai pendirian usaha bermasalah karena kurangnya pemahaman terkait dengan jenis legalitas perusahaan yang akan dipilih.

Secara definisi, Perseroan Terbatas (PT) merupakan badan hukum yang dimiliki dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi, didirikan berdasarkan perjanjian. Sedangkan Commanditaire Vennootschap (CV) ialah badan usaha yang didirikan minimal dua orang yang mempercayakan uang atau barang kepada seseorang yang menjalankan perusahannya.

Simak perbedaan kedua istilah tersebut dari bentuk badan hukum hingga cara pendiriannya.

Bentuk perusahaan
PT sendiri merupakan perusahaan berbadan hukum dan pendiriannya diatur secara tertulis di dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UU PT).
Sementara itu, CV merupakan perusahaan yang tidak berbentuk badan hukum dan tidak ada peraturan yang mengaturnya. Syarat pendirian lebih mudah dan tak mengherankan ini cukup banyak dipilih sebagai badan usaha untuk bisnis UMKM.

Proses pendirian perusahaan
Untuk mendirikan PT bisa dikatakan membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal tersebut lantaran dalam proses pendiriannya membutuhkan pengesahan Menteri Hukum dan HAM RI serta berbagai prosedur lain yang cukup panjang.
Hal itu berbeda dengan CV yang pendiriannya lebih singkat karena tidak membutuhkan pengesahan khusus dan biaya yang dibutuhkan jauh lebih murah.

Kepemilikan perusahaan
Dalam hal kepemilikan, PT minimal memiliki dua orang pengurus yang bertindak menjadi direksi dan komisaris. Bisa dimiliki oleh warga negara asing (WNA) melalui PT Penanaman Modal Asing (PMA).
Sementara itu, CV minimal memiliki dua orang yang menjadi persero aktif dan persero pasif. Hanya bisa dimiliki oleh warga negara Indonesia (WNI).

Modal perusahaan
Modal pendirian PT dalam UU Nomor 40 Tahun 2007 ditetapkan sebesar Rp 50 juta, kecuali ditentukan lain oleh undang-undang atau peraturan yang tentang pelaksanaan kegiatan usaha. Sebanyak 25 persen dari seluruh modal awal harus ditempatkan dan disetor penuh. Akan tetapi ada kelonggaran dalam ketetapan modal minimum setelah muncul UU Omnibus Law Cipta Kerja terbaru.
Sementara untuk CV tidak ada batasan modal dalam pendiriannya. Perlu dipahami, modal yang disetorkan di CV akan mempengaruhi pembagian porsi keuntungan

Kegiatan perusahan
Perbedaan PT dan CV selanjutnya ialah dari kegiatannya. Sebuah HP bisa melakukan semua kegiatan usaha yang sesuai dengan maksud dan tujuan pendiriannya. Contohnya adalah Perdagangan, Kontraktor, Pertanian, Perusahaan Pers, Radio Siaran Swasta, Pariwisata, Pelayaran, dan lain-lain.
Sementara kegitan CV memiliki keterbatasan. Keterbatasan itu dibatasi hanya pada Perdagangan, Kontraktor sampai dengan Grade 4, Perindustrian, Perbengkelan, Pertanian, Percetakan, dan Jasa.

Itulah perbedaan PT dan CV yang perlu diketahui sebelum mendirikan badan usaha. ***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments