Home News Penyembelihan Hewan Kurban Masjid Al Ma’ruf Perum Jatimas Permai dengan Prokes Ketat

Penyembelihan Hewan Kurban Masjid Al Ma’ruf Perum Jatimas Permai dengan Prokes Ketat

92
0
Penyembelihan hewan kurban dalam rangka peringatan Idul Adha 1442 Hijriah, Rabu (21/7/2021), di Masjid Al Ma'ruf, Perum Jatimas Permai, Dusun Jatisawit, Desa Balecatur, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman, DIY. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Penyembelihan hewan kurban dalam rangka peringatan Idul Adha 1442 Hijriah, di Masjid Al Ma’ruf, Perum Jatimas Permai, Dusun Jatisawit, Desa Balecatur, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman dilaksanakan pada hari, Rabu(21/7/2021).

Pelaksanaan kegiatan mulai dari penyembelihan hewan kurban, pengulitan (pengeletan) dan penimbangan hasil daging kurba dilakukan di sekitar Masjid Al Ma’ruf dengan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Panitia yang terlibat memakai alat perlindungan diri (APD) yaitu, masker, sarung tangan, pelindung kepala dan clemek. Juga jaga jarak, pengecekan suhu dan lainnya, sesuai izin yang dikeluarkan oleh Dinas Peternakan dan Pertanian Kabupaten Sleman.

Ketua Panitia Idul Adha 1440 H Untung Subagyo (kanan) saat memberikan pengarahan kepada panitia sie prokes, Rabu (21/7/2021), di Masjid Al Ma’ruf, Perum Jatimas Permai. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

“Kami telah menerima izin dari dinas terkait tentang penyembelihan hewan kurban yang dilakukan secara mandiri atau di luar rumah pemotongan hewan (RPH),” ungkap Ketua Panitia Idul Adha 1440 H Untung Subagyo, saat ditemui di Masjid Al Ma’ruf, Perum Jatimas Permai.

Dikatakan, untuk menerapkan prokes dengan ketatnya pihaknya menambahkan panitia seksi prokes yang bertugas mengontrol pelaksaan acara tersebut agar sesuai dengan prosedur, demi keamanan dan kesehatan bersama dalam suasana pandemi ini.

Selain itu, lanjut Untung, masyarakat yang tidak berkepentingan diimbau untuk tidak datang di arena penyembelihan supaya tidak terjadi kerumunan. “Yang ingin menyaksikan acara penyembelihan ini bisa melihat secara langsung lewat youtube,” ujarnya.

Seorang staf dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Sleman sedang memeriksa hati serta daging hewan kurban. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Jumlah hewan kurban yang terkumpul dari shohibul qurban, terdiri dari 9 ekor lembu dan 2 ekor kambing. Sementara dari jumlah lembu tersebut, 4 ekor didistribusikan ke luar wilayah diantaranya, ke Playen Gunungkidul, Nanggulan dan Kalibawang Kulon Progo, serta Mushola Baitus Sakinah Dusun Jithengan Sleman.

Selaku Ketua Panitia, Untung Subagyo berharap daging kurban yang diterima bisa sedikit membantu beban warga untuk memenuhi gizi, mengingat di pandemi ini  banyak dampak yang dirasakan oleh warga masyarakat terutama masalah ekonomi.

Pendistribusian daging kurban pada warga akan  diantar langsung oleh panitia dari rumah ke rumah. Diutamakan untuk warga perumahan, shohibul qurban dan panitia. Selebihnya untuk warga di luar perumahan Jatimas. “Jatah daging kurban untuk warga tahun ini tambah berat jika dibandingkan tahun lalu walaupun jumlah hewan kurban yang disembelih berkurang,” tutupnya. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here