Wednesday, May 18, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePenyebab Mual Setelah Makan dan Tandanya Harus Segera ke Dokter

Penyebab Mual Setelah Makan dan Tandanya Harus Segera ke Dokter

bernasnews.com – Kenali penyebab mual setelah makan yang kadang menimpa sebagian orang. Serta simak tanda-tanda kapan Anda haru ke dokter dan apa yang harus diantisipasi saat berada dalam situasi tersebut.

Mual setelah makan tak jarang menimpa sebagian orang. Hal ini bisa disebabkan karena berbagai faktor misalnya karena porsi makan terlalu banyak, keracunan, kondisi medis tertentu dan lain sebagainya. Meski jarang terjadi, tak sedikit dari orang cukup sering merasa mual walaupun makan sedikit.

Bila hal tersebut cukup sering terjadi. Anda perlu memahami penyebab mual setelah makan berikut ini dan bagaimana antisipasinya. Lantas apa saja faktor yang menyebakan seseorang mual? Simak dalam artikel berikut ini.

1. Alergi makanan

Bagi sebagian orang, alergi pada jenis makanan tertentu bisa menimbulkan reaksi yang berbeda-beda. ada yang menimbulkan reaksi seperti gatal, ruam pada kulit sampai dengan mual bahkan muntah. Biasanya seseorang dengan alergi makanan, tubuhnya akan melepas histamin dan zat kimia lainnya. Zat kimia tersebutlah yang menjadi penyebab mual setelah makan zat yang menimbulkan alergi.

2. Keracunan

Makan makanan yang tidak bersih, tidak sehat bahkan basi juga bisa memicu penyebab orang mual setelah makan. hal ini disebabkan karena berkembangnya bakteri atau jamur yang bisa membuat tubuh seseorang merasa sakit. Biasanya, gejala keracunan ini bisa muncul dalam hitungan jam bahkan hari tergantung seberapa parah kondisinya.

3. Kehamilan

Kehamilan biasanya ditandai dengan perasaan tidak nyaman pada tubuh. Bagi sebagian ibu, mereka biasanya mengalami mual setelah makan atau bahkan saat belum makan sekalipun. Hal ini disebabkan karena perubahan kadar hormone. Kondisi ini bisa menyerang kapan saja.

4. GERD (gastroesophageal reflux disease)

GERD atau penyakit asam lambung yang naik ke kerongkongan juga bisa menjadi salah satu faktor. Biasanya penyakit ini menyebakan iritasi pada mulut dan kerongkongan. Beberapa gejala yang menandakan GERD adalah mual dan muntah, nyeri perut atau nyeri ulu hati, serta dada terasa perih atau panas setelah makan.

5. Stres dan cemas

Jika seseorang mengalami stres, kadang tak cuma mempengaruhi emosi tapi juga pada fisik. tak jarang seseorang yang terlalu stres akan merasa mual diikuti perasaan tidak nyaman lainnya pada tubuh.

itulah penyebab mual setelah makan yang paling umum. lantas kapan seseorang harus memeriksakan diri ke dokter jika mengalami mual? Ada sejumlah kondisi yang perlu Anda pahami.

Anda harus segera ke dokter jika mengalami atau termasuk dalam kategori ini:

  • Nyeri dada
  • Diare yang berlangsung lebih dari beberapa hari
  • Dehidrasi
  • Muntah dan demam lebih dari 38,5 derajat Celsius
  • Seorang anak sudah muntah selama lebih dari 8 jam
  • Sakit perut yang tak tertahankan
  • Detak jantung cepat
  • Terdapat darah dalam muntah

Itulah beragam penyebab muntah setelah makan. segera periksakan diri ke dokter jika mengalami gejala yang semakin parah. ***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments