Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomePendidikanPentingnya Penanaman Karakter kepada Siswa di SD BOPKRI Gondolayu Jogja

Pentingnya Penanaman Karakter kepada Siswa di SD BOPKRI Gondolayu Jogja

bernasnews.com – Kepala Sekolah Dasar (SD) BOPKRI Gondolayu Yogyakarta Dra. Bernadetta Herry Riyantini mengemukakan, penanaman karakter kepada siswa  untuk berbagi kasih, berperilaku jujur, dan mempunyai ketulusan dalam berpelayanan selalu disosialisasikan di sekolah ini.

 “Hal tersebut penting bagi sekolah kami dan itulah yang saya sampaikan dalam acara bincang-bincang tentang Nilai-Nilai ke-BOPKRI-an bersama Radio Edukasi, Yogyakarta, hari Senin 27 Juni 2022,” kata dia kepada bernasnews.com melalui whatsApp, Selasa (28/6) petang.

Dalam acara talkshow Jendela Sekolah bersama Radio Edukasi itu, Bernadetta  memperkenalkan nilai–nilai ke-BOPKRI-an yang menjadi dasar karya pelayanan pendidikan di sekolah beralamat di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 24 Yogyakarta ini.

Radio Edukasi yang beralamat di Jalan Sorowajan Baru 367, Banguntapan, Bantul,  Yogyakarta merupakan radio pendidikan di bawah Kemendikbud Ristek RI yang memberikan wadah bagi sekolah -sekolah di Kota Yogyakarta untuk menginformsikan seputar kegiatan sekolah.

Menurut Bernadetta, reporter talkshow Dani pada saat itu menanyakan tentang bagaimana pengimplentasian nilai–nilai ke-Bopkri-an di sekolah. Kemudian dijawab, nilai-nilai itu adalah kasih, Integritas, dan pelayanan yang tulus sebagai konten dari nilai ke-BOPKRI-an. Hal itu harus diwujudnyatakan dalam seluruh aktivitas warga sekolah secara nyata di sekolah maupun di rumah. 

Untuk itu muatan nilai-nilai ke-BOPKRI-an juga terimplementasi ke dalam kegiatan pembelajaran sehingga tertulis dalam kurikulum sekolah. Ini menjadi salah satu ciri khusus Kurikulum SD BOPKRI Gondolayu. 

“Supaya penanaman karakter nilai–nilai ke-BOPKRI-an kepada siswa di sekolah bersinergi dengan pendidikan keluarga di rumah, maka pada setiap kali pertemuan sekolah bersama  orang tua siswa, selalu disosialisasikan kembali tentang pentingnya penanaman karakter kepada siswa,” kata dia.  

Menjawab petanyaan imbas yang dihasilkan dari penanaman nilai-nilai Ke-BOPKRI-an dalam pembelejaran, Bernadetta mengatakan, pembiasaan diri untuk  penanaman karakter membuat SD BOPKRI Gondolayu menjadi zona menyenangkan bagi para siswa untuk belajar dan bertumbuh kembang.  

Dalam kesempatan itu juga dipaparkan tentang program–program unggulan sekolajh ini meliputi program pengembangan diri, program edukasi, program peduli lingkungan, dan program kecakapan hidup. Untuk program pengembangan diri, sekolah menyediakan sebelas kegiatan ekstrakurikuler  wajib dan  pilihan. Kegiatan ekstrakurikuler ini  dapat menjadi  wadah bagi siswa untuk mengembangkan talentanya sesuai  bakat dan minatnya masing–masing. 

“Maka motto sekolah Develop Your Talent, sungguh sejalan dengan program yang diselenggarakan di SD BOPKRI Gondolayu Yogyakarta,“ kata Dra. Bernadetta Herry Riyantini. (mar)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments