Home Opini Pentingnya Gawai di Kala Pandemi Covid-19

Pentingnya Gawai di Kala Pandemi Covid-19

747
0
Eva Mintarsih, Mahasiswa ASMI Santa Maria Yogyakarta. (Foto: Dok. Pribadi)

BERNASNEWS.COM — Dunia teknologi terus berkembang dengan pesat. Inovasi-inovasi baru pun banyak bermunculan. Salah satunya adalah gawai atau yang sering disebut dengan gadget. Pengertian gadget menurut Derry (2014: 7) sebagaimana dilansir dari fatkhan.web.id, merupakan sebuah perangkat atau instrument elektronik yang memiliki tujuan dan fungsi praktis untuk membantu pekerjaan  manusia.

Dari sini sudah jelas terlihat bahwa gadget dibuat untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Namun, masih banyak yang beranggapan bahwa gadget memiliki dampak yang buruk, serta memandang sebelah mata. Pada hal pendapat itu tidak selamanya benar.

Pasalnya gawai lebih memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia dan sangat membantu pekerjaan manusia tanpa terkecuali, mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Ditambah lagi adanya pandemic Covid-19.

Pandemi Covid-19 berdampak pada semua bidang, mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, serta sosial budaya. Penyebarannya pun sangat signifikan, terbukti bahwa jumlah orang yang positif Covid-19 sudah mencapai 233 ribu jiwa bukan jumlah yang sedikit.

Oleh karenanya untuk mencegah penularannya, pemerintah membuat kebijakan Work From Home (WFH). Penerapan WFH ini ditetapkan sejak bulan Maret 2020 sehingga masyarakat pun juga membutuhkan suatu alat untuk menyelesaikan segala tugasnya dari rumah. Yaitu dengan memanfaatkan gawai.

Ini merupakan bukti bahwa gawai sangat penting bagi kehidupan manusia. Banyak orang yang kini mencarinya. Dengan gawai ini kita bisa menyelesaikan tugas dan pekerjaan, mulai dari pekerjaan di kantor sampai dengan belajar.

Padahal dahulu, sebelum adanya pandemi seperti ini, banyak orang yang menganggap bahwa gawai hanya akan merusak suatu kehidupan seseorang namun, kini malah gawai menjadi sesuatu yang sangat membantu kehidupan. Semua hal dapat terselesaikan dengan satu genggaman yaitu gawai.

Hal ini pun dirasakan oleh semua orang. Ini terjadi karena adanya peningkatan fitur-fitur baru yang muncul yang dikembangkan sesuai kebutuhan manuisa, sehingga semua yang dibutuhkan dapat diselesaikan dengan bantuan gawai ini. Adanya gawai memang benar-benar sangat membantu dalam menyelesaikan hal apapun.

Seperti halnya dalam perkuliahan, bahwa gawai bagi seorang mahasiswa merupakan bagian dari kehidupan, terlebih di masa pandemi seperti ini yang semua tugas dan kegiatan perkuliahan  berbasis online membuat seorang mahasiswa tidak bisa lepas dari keberadaan gawai.

Tentunya hal ini juga sangat memberatkan bagi orang yang tidak memiliki gawai. Mereka rela meminjam kepada teman, tetangga, bahkan saudara. Dari itu, juga banyak bermunculan tindak kriminal demi kepingin memiliki gawai.  Dan sebaiknya pemerintah memperhatikan masalah yang terjadi di masyarakat.

Salah satu cara adalah pemerintah memberikan bantuan gawai kepada mereka yang memang sangat membutuhkan. Jadi tidak hanya fokus dalam penanganan Covid-19 saja. Tapi juga fokus terhadap masyarakat dalam menghadapi pandemi seperti ini, khususnya adalah kepada mereka yang membutuhkan untuk keperluan pendidikan.

Sebab belajar daring atau online pun merupakan kebijakan pemerintah, maka dari itu pemerintah juga harus bertanggung jawab atas kebijakan yang mereka ambil ini. Kini semua percaya bahwa gawai dapat membantu manusia dalam hal apapun. Ini merupakan pembuktian yang sangat luar biasa. (Eva Mintarsih, Mahasiswa ASMI Santa Maria Yogyakarta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here