Home Opini Pentingnya Bahasa Inggris bagi Jurnalis Kekinian

Pentingnya Bahasa Inggris bagi Jurnalis Kekinian

150
0
Sianggun Nadila, Mahasiswa Prodi Public Relation ASMI Santa Maria Yogyakarta. (Foto: Dok. Pribadi)

BERNASNEWS.COM — Mengelola dan menguasai bahasa saat ini bukanlah suatu hal yang mudah,apalagi dalam dunia saat ini yang berorientasi pada teknologi. Melihat dari kebutuhan komunikasi yang semakin meningkat,tentunya kita sebagai mahasiswa harus menyadari pentingnya komunikasi dalam segala aspek yang dimana telah melahirkan bahasa Internasional baru yaitu bahasa Inggris.

Bahasa Inggris sudah menjadi bentuk komunikasi yang diterima di berbagai negara. Alasan utama meningkatnya kepentingan bahasa Inggris yaitu, karena bahasa Inggris menjadi salah satu ketergantungan dalam dunia komputer. Oleh sebab itu, sangat penting bagi para pelajar bahkan para karyawan bisa berbahasa Inggris walaupun belum fasih, lebih-lebih dalam dunia kerja keahlian berbahasa Inggris sangat dibutuhkan dan yang menjadi utama di masa kini.

Melihat kemajuan teknologi yang semakin canggih serta penjelasannya selalu menggunakan bahasa Inggris, maka mau tidak mau kita harus bisa dan siap mengikuti arus globalisasi yang membawa kita ke era yang semakin maju dan berkembang.

Dalam dunia kehumasan, seorang jurnalis yang mempunyai kosakata luas dan mempunyai bakat berbahasa akan lebih berkualitas serta dapat memberikan kesan yang baik. Selain itu,seorang jurnalis yang bisa berbahasa Inggris untuk interaksi kesehariannya bisa memberikan status lebih kepada sang jurnalis itu sendiri.

Dengan berbahasa Inggris yang baik dan benar dalam menulis di media, hal itu mampu menggugah pikiran dan menarik dibaca oleh masyarakat. Meskipun tidak semua masyarakat dapat membaca dengan bahasa Inggris, namun tidak perlu dikhawatirkan lagi karena sekarang sudah dilengkapi terjemahan. Dengan mengaktifkan terjemahan masyarakat dapat membacanya dengan mudah.

Menjadi seorang jurnalis juga tidak mudah, tentunya melalui berbagai proses dan rintangan untuk sampai pada titik tersebut. Seorang jurnalis juga dipandang sebagai panutan bagi banyak orang dan mereka memegang peran dalam meningkatkan dan mempertahankan standar bahasa Inggris yang sudah ditetapkan di negara mereka dan mengubah cara pandang masyarakat terhadap bahasa mereka.

Aspek ini sangat penting untuk kita perhatikan karena kemajuan teknologi juga yang menuntut kita harus bisa berbahasa Inggris. Di manapun kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan dan diutamakan karena bahasa Inggris bagian dari bahasa Internasional dan bahasa yang digunakan dalam komputer serta elektronik lainnya yang ada di dunia.

Jika kita ingin maju dan sukses, maka kita juga harus mengikuti kemajuan yang ada. Dan apabila  kita tidak bisa mengikuti kemajuan teknologi maka kita akan tertinggal dan tidak bisa maju. Dengan berbahasa juga dapat mempermudah kita dalam berkomunikasi dan bekerja. Jika difikirkan memang akan terasa susah untuk dijalankan, namun jika kita mau belajar dan berusaha nantinya kita akan terbiasa dan menjadi bisa. (Sianggun Nadila, Mahasiswa Prodi Public Relation ASMI Santa Maria Yogyakarta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here