Saturday, May 21, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeSeni BudayaPentas Budaya Manggarai Siap Digelar, Hari Minggu (27/10/2019)

Pentas Budaya Manggarai Siap Digelar, Hari Minggu (27/10/2019)

BERNASNEWS.COM —Pentas Budaya Nusantara 2019, khususnya budaya Manggarai, Flores Barat, NTT, siap digelar di Lapangan Denggung, Kabupaten Sleman, DIY, Minggu (27/10/2019). Pentas budaya dengan sajian utama tarian Caci itu dipastikan akan dihadiri Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSi dan Wakil Bupati Hj Sri Muslimatun dan direncanakan juga akan dihadiri Wakil Bupati Manggarai Barat Maria Geong bersama Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat.

Kesiapan itu terlihat dari gladi bersih yang dilakukan panitia di Lapangan Denggung, Sleman, Sabtu (26/10/2019). Dalam rundown acara yang disiapkan panitia, pentas budaya akan diawali tarian kreasi menyambut tamu penting pukul 09.10-09.20 dilanjutkan dengan danding umum. Dan direncanakan tamu VIP yakni Bupati Sleman bersama Wakil Bupati serta Wakil Bupati Manggarai tiba di lokasi pukul 10.00 WIB yang disambut dengan tarian Tiba Meka (terima tamu) dilanjutkan dengan tarian Yogyakarta.

Seksi Acara Pentas Budaya Nusantara 2019 Heribertus memberi instruksi kepada panitia pada gladi bersih di Lapangan Denggung, Sleman, Sabtu (26/10/2019). Foto : Philipus Jehamun/ Bernasnews.com

Heribertus selaku seksi acara Pentas Budaya Nusantara dalam briefing yang dilakukan pada acara gladi bersih secara rinci menyampaikan rundown acara kepada panitia. “Semua panitia harus berada di tempat acara lebih awal atau jauh sebelum tamu undangan hadir. Jangan sampai tamu undangan malah menunggu panitia,” katanya mengingatkan.

Sebagai pentas budaya, acara tersebut akan sarat dengan penampilan seni budaya Manggarai dan daerah lainnya, mulai dari tari kreasi, danding umum, tarian tiba meka, danding Elar Selatan, tarian dedang (tenun) plus Tarian Merauke, tarian Yogyakarta dan sebagainya.

Sajian utama berupa tarian Caci akan dimulai pukul 11.35 dengan Pukulan Penghormatan atau Cako yang dilakukan Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSi dan Bupati Manggarai atau yang mewakili. Dan rangkaian pentas budaya Manggarai ini akan diakhiri dengan tarian Gemu Fa Mi Re (tarian Maumere) yang diikuti seluruh peserta dan tamu undangan.

Sejumlah ibu dan mahasiswi mejeng bareng di sela-sela gladi bersih Pentas Budaya Nusantara 2019 di Lapangan Denggung Sleman, Sabtu (26/2019). Foto : Istimewa

Seperti diberitakan Bernasnews.com (11/10/2019), dalam pentas budaya ini, akan menampilkan berbagai atraksi budaya seperti tari kreasi, danding, pameran miniatur Wae Rebo, pameran foto budaya dan pariwisata Manggarai dengan sajian utam pentas tari caci.

H Ardi Sehami, Anggota Fraksi PAN DPRD Sleman asal Manggarai, Flores, NTT, akan mendorong dan menjadikan potensi budaya dari luar DIY, termasuk budaya Manggarai, sebagai salah satu potensi pariwisata Sleman. “Kami akan terus upayakan agar Pemkab Sleman memberikan tempat dan ruang ekspresi bagi perkembangan budaya nusantara dan menjadikan Yogyakarta, khususnya Sleman, sebagai pusat budaya nusantara atau semacam Indonesia mini.

Wakil Bupati Sleman Hj Sri Muslimatun M.Kes saat menerima panitia di Aula Utama Kantor Bupati Sleman, Jumat (11/10/2019) lalu, mengatakan, Pemkab Sleman mendukung sepenuhnya pentas budaya Manggarai dan berharap ke depan warga Manggarai d Jogja terlibat dalam kegiatan seni budaya yang diadakan Pemda Sleman.

“Ibu Wabup menjanjikan untuk menyampaikan permohonan kita, agar Bapak Bupati Sleman hadir pada 27 Oktober guna membuka acara, berupa paki reis,” kata Leonardus Langku, salah satu sesepuh warga Manggarai, Flores, NTT, yang ikut dalam audiensi dengan Wakil Bupati Sleman di Aula Utama Kantor Bupati Sleman, Jumat (11/10/2019). (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments