Home Pendidikan Pengurangan UKT bagi 2.369 Mahasiswa UPNVY yang Terdampak Pandemi

Pengurangan UKT bagi 2.369 Mahasiswa UPNVY yang Terdampak Pandemi

57
0
Kampus UPNVY di Ring Road Utara Condongcatur, Depok, Sleman, DIY. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – UPN Veteran Yogyakarta (UPNVY) memberi keringanan berupa pengurangan UKT (Uang Kuliah Tunggal) bagi 2.369 mahasiswa pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Hal itu merupakan bagian dari kebijakan UPN Veteran Yogyakarta untuk membantu keluarga mahasiswa yang terdampak pandemi Covid-19.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UPN Veteran Yogyakarta Dr Ir Susanto MSi mengatakan selama 3 semester ini, pihak kampus telah memberikan skema keringanan pemberian UKT. Bahkan beberapa skema tersebut sudah ada sebelum adanya surat dari Kemendikbud. Untuk tahun lalu saja, menurut Susanto, pihak kampus telah menerima gelontoran dana sebesar Rp 15 miliar untuk penurunan UKT.

“Untuk saat ini, total yang telah disetujui ada 2.369 mahasiswa. Untuk keringanan skripsi ada 1300 mahasiswa. Sedangkan untuk penetapan ulang ada 319, penurunan UKT ada 721 mahasiswa. Penurunan angsuran ada 19, penundaan ada 10 mahasiswa dan untuk pembebasan ada 2 mahasiswa, yang tertolak ada 400 mahasiswa,” tandas Susanto dalam rilis yang dikirim kepada sejumlah media, termasuk Bernasnews.com, Senin (13/9/2021).

Wakil Rektor Bidang Keuangan UPN Veteran Yogyakarta ini menambahkan UKT merupakan besaran biaya yang harus dibayar setiap mahasiswa. UKT UPN Veteran Yogyakarta terbagi ke dalam 8 kelompok sesuai kemampuan ekonomi, salah satunya ditentukan dari penghasilan orangtua.

UKT kelompok 1 dan 2 seluruh perguruan tinggi negeri ditentukan sebesar Rp 500 ribu dan Rp 1 juta, sementara UKT kelompok 3 dan seterusnya ditentukan sesuai masing-masing prodi, dengan ketentuan besaran UKT kelompok tertinggi tidak melebihi nominal Biaya Kuliah Tunggal (BKT) atau keseluruhan dari biaya operasional tiap mahasiswa per semester pada suatu program studi.

Bantuan keringanan UKT diberikan bagi mahasiswa program Sarjana yang kesulitan membayar UKT karena dampak dari pandemi Covid-19. Bentuk keringanan UKT bisa dalam bentuk penurunan atau pengurangan, penundaan pembayaran dan angsuran. Proses pengajuan keringanan UKT dilakukan secara daring melalui siukt.upnyk.ac.id dengan menyertakan dokumen-dokumen terkait. (*/lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here