Tuesday, June 28, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPenghijauan Hutan Kembali, Langkah Kecil Selamatkan Alam

Penghijauan Hutan Kembali, Langkah Kecil Selamatkan Alam

BERNASNEWS.COM – Sudah selayaknya alam dijaga supaya bisa dinikmati hingga ke anak cucu. Meski sudah terdengar berulang kali, petuah itu bagi sebagian orang diabaikan dan ada yang memilih merusak alam untuk kepentingan pribadi. Meski begitu, masih ada juga orang yang peduli akan keberlangsungan alam hingga kelestariannya.

Kelestarian alam perlu dijaga lewat banyak cara. Salah satunya yakni melakukan penanaman kembali atau reboisasi. Reboisasi menjadi hal yang peting dilakukan mengingat ada cukup banyak wilayah yang gundul akibat eksploitasi yang disebabkan oleh sejumlah oknum yang mengeruk alam untuk kepentingan pribadi.

Alhasil suatu kelompok sosial di Yogyakarta berinisiatif agar bisa melestarikan alam. Bak gayung bersambut, ide penghijauan dan penanaman kembali ini direspon oleh salah satu pihak yang juga memiliki kepedulian terhadap hap serupa.

“Kami mulanya dapat kabar dari temen komunitas katanya mau mengadakan aksi penghijauan. Kemudian dari kami tergerak untuk membantu dalam hal memberikan bibit untuk ditanam,” kata Ihwan Setiawan, selaku wakil dari Gandung Pardiman Centre, Kamis (16/4/2020).

Aksi yang digagas oleh kelompok masyarakat di lereng Merapi ini, menurut Ihwan akan membawa dampak positif. Mungkin tidak secara labgsung namun akan dirasakan bertahun atau puluh tahun kemudian.

“Kami sangat apresiasi dari temen komunitas. Saya secara pribadi melihat ada kepedulian dari anak muda untuk kemudian melakukan penghijauan kembali ataupun kemudian menjaga kehijauan dan reboisasi yang ada di lereng Merapi,” ungkapnya.

Proses pemindahan bibit. Foto: istimewa

Sekitar 300 lebih bibit pohon sengon albasia solomon disumbangkan kepada kelompok masyarakat tersebut pada Rabu (15/4/2020). Meski tak terlibat langsung dalam proses menanam, namun ia kengatakan besar harapannya nanti akan menjadi betul-betul amanah untuk dilakuian para penggiat pelestari alam.

Diharapkan apa yang ditanam saat ini bisa berguna untuk masyarakat kedepannya. Dampak yang akan dirasakan akan beragam. Mulai dari ketersediaan air yang milimpah, udara yang segar, hingga akar yang mampu menopang tanah dengan kokoh sehingga tidak akan terjadi bencana longsor.

“Diharapkan dari bibit yang dutanam akan memperkuat penahanan untuk tanah dan juga (memberi ketersediaan) air sehingga harapannya Merapi punya penghijauan yang bagus dan kemudian memiliki sumber air yang bis diandalkan,” katanya.

Selain itu ia mengatakan bahwa momen upaya penghijauan seperti itu semoga menjadi pengingat bagi orang lain yang masih merusak alam.

“Semoga bisa membuat kesadaran bagi yang sampai hari ini masih mengambil keuntungan pribadi dari kegiatan yang ada di situ,” kata Ihwan.

“Teman-teman komunitas di wilayah ini lebih tahu mana peta yang butuh dihijaukan atau ditanami kembali. Harus dihijaukan kembali. Ini menjaga alam, menjaga alam untuk keberlangsungan anak cucu kita juga,” pungkasnya.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments