Home News Penggabungan Pelindo di Labuan Bajo Tekan Biaya Logistik

Penggabungan Pelindo di Labuan Bajo Tekan Biaya Logistik

25
0
Konvoi mobil Presiden Jokowi yang diikuti sejumlah mobil travel dalam kunjungan kerja meresmikan berbagai proyek infrastruktur di Labuan Bajo, Kamis 14 Oktober 2021. Foto: Screenshot video kunjungan presiden di Labuan Bajo

BERNASNEWS.COM – Presiden Joko Widodo meresmikan penggabungan Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III dan Pelindo IV di Labuaan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT pada hari Kamis, 14 Oktober 2021. Penggabungan 4 Pelindo tersebut menjadi PT Pelabuhan Indonesia guna menekan biaya logistik yang saaat ini masih di atas biaya logistik di negara tetangga.

“Saya berharap penggabungan ini akan menjadikan Pelindo menjadi sebuah kekuatan besar dan diikuti oleh BUMN lainnya. Penggabungan ini juga akan membuat biaya logistik bisa bersaing dengan negara-negara lain,” cuit Presiden Joko Widodo di akun twitter @jokowi yang dikutip Bernasnews.com, Kamis 14 Oktober 2021.

Menurut Presiden Jokowi, Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo yang diresmikan di NTT tersebut dibangun untuk memisahkan kegiatan logistik dengan angkutan penumpang yang sebelumnya bercampur. Pemisahan itu untuk mendukung pengembangan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium.

Dikatakan, selama ini biaya logistik di Indonesia sebesr 23 persen. Angka ini masih tertinggal dibanding negara tetangga yang hanya sekitar 12 persen. Karena itu, menurut Presiden Jokowi, kita bangun infrastruktur jalan, pelabuhan dan lain-lain. Penggabungan ini akan membuat biaya logistik kita bisa bersaing dengan negara-negara lain.

“Di Terminal Multipurpose Wae Kelambu, NTT, hari ini, saya meresmikan penggabungan Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III, Pelindo IV menjadi PT Pelabuhan Indonesia. Saya berharap, penggabungan ini akan menjadikan Pelindo menjadi sebuah kekuatan besar dan diikuti oleh BUMN lainnya,” kata Presiden Jokowi.

Semoga Indonesia jaya ke depannya,bebas dari KKN, rakyat sejahtera dan lebih berkualitas SDMnya hingga dpt bersaing dg negara lain aamiin,” komentar Hasna Arsyad Palembang di akun @Hasna280474.

“Mantap bos, pokoknya jangan ada proyek nangkrak,” demikian komentar Martinus Napiun di akun @MartinusNapiun.

Selain meresmikan penggabungan Pelindo dan Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo, Presiden Jokowi juga meresmikan penataan Kawasan Pucak Waringin, penataan Kawasan Goa Batu Cermin dan peningkatan delapan ruas jalan di Labuan Bajo.

“Hari ini, saya bersama Ibu Negara, berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan beberapa agenda acara. Saya hendak meresmikan penggabungan Pelindo dan Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo, meresmikan penataan Kawasan Pucak Waringin, penataan Kawasan Goa Batu Cermin, dan peningkatan delapan ruas jalan di Labuan Bajo,” tulis Presiden Jokowi di akun Instgramnya @jokowi, Kamis pagi. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here