Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomeNewsPengelola Website OPD Berkemampuan dan Masyarakat Bijak Bermedsos

Pengelola Website OPD Berkemampuan dan Masyarakat Bijak Bermedsos

BERNASNEWS.COM – Kualitas pembangunan dan pelayanan Pemerintah Kota Yogyakarta yang baik dan produktivitas masyarakat yang meningkat antara lain perlu disertai peningkatan kemampuan pengelolaan website Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dan masyarakat bijak bermedia sosial.

“Dengan adanya Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik, Pemerintah harus semakin terbuka menyampaikan informasi publik secara benar dan baik. Hal-hal yang kelihatannya kecil atau sederhana harus diinformasikan supaya tidak menimbulkan sengketa informasi publik. Jadi informasi itu harus disampaikan melalui website OPD. Kalau perlu juga memanfaatkan media sosial yang ada. Maka kompetensi pengelola website OPD harus terus ditingkatkan. Di sisi lain, kita juga berharap agar masyarakat bijak menggunakan media sosial, sebab potensi terjadinya hoax sangat tinggi di sektor ini dibanding dari media arus utama,” kata Kepala Dinas Kominfosan Kota Yogyakarta Ignatius Tri Hastono, S.Sos., M.M. saat membuka Pelatihan Pengelolaan Website OPD di Laboratorium Lantai 2 Dinas Kominfosan Kota Yogyakarta, Jalan Kenari 56 Yogyakarta, Senin (14/2/2022).

Hadir dan memberikan sambutan pula Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Yogyakarta yang diwakili Kabid Pengembangan Kompetensi SDM Sukidi, S.E., M.Si. Dia berharap agar para peserta pelatihan mengikuti kegiatan ini dengan bersungguh-sungguh agar memberikan manfaat dan hasil yang maksimal.

Para peserta Pelatihan Pengelolaan Website OPD bersama seorang narasumber di Laboratorium Lantai 2 Kantor Dinas Kominfosan Kota Yogyakarta, Senin (14/2/2022). (Foto : Kiriman Y.B. Margantoro).

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini diadakan oleh Dinas Kominfosan Kota Yogyakarta bersama BKPSDM Kota Yogyakarta. Peserta perwakilan dari pengelola websiste OPD dari dinas, badan, bagian, inspektorat, sekretariat DPRD, kemantren dan BUMD. Narasumber dari Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) dan Bidang Sistem Informasi dan Statistik (SIS) Dinas Kominfosan Kota Yogyakarta yakni Adya Mahardhika, AMd dan Wahyudi, S.Kom, serta praktisi media Ardhi Wahdan, S.PAI dan Y.B. Margantoro.              

Bijak bermedia sosial

Pada bagian lain Tri Hastono mengatakan, di era globalisasi ini media sosial memegang peranan yang sangat penting dalam kebutuhan bersosialiasi dan komunikasi. Namun kita juga harus bijak dalam memilih konten-konten sebelum diunggah di media sosial. Peran Pemerintah Kota Yogyakarta adalah meningkatkan literasi digital masyarakat untuk bijak bermedia sosial sebagai upaya preventif menanggulangi hoax. Bahaya hoax adalah muncul adanya persepsi negatif, menyulut kebencian, opini negatif serta provokasi dan agitasi.   

“Langkah-langkah cerdas melawan hoax adalah berhati-hati dengan judul yang provokatif, jangan mudah percaya dengan foto atau video yang beredar dan selalu memeriksa keasliannya, serta verikasi kebenaran sebelum menyebarkan informasi,” kata dia.

Pemerintah Kota Yogyakarta juga memiliki peranan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat untuk meningkatkan produktivitas masyarakat melalui media digital.“Bela Negara dapat diwujudkan dengan bijak menggunakan media sosial digital. Salah satunya adalah untuk meningkatkan kompetensi dan melakukan kegiatan yang konstruktif dan berdampak positif,” kata dia.

 Proses belajar bersama ini terus berjalan yang berupa edukasi baik dalam bentuk forum tatap muka maupun melalui media digital, bagi masyarakat dan aparat pemerintah, serta melibatkan berbagai stakeholder seperti korporasi, kampus, dan kelompok informasi masyarakat. (*/lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments