Pengalaman Mahasiswa Magang di Umbul Ponggok Klaten

    658
    0
    Risky Setiawan, Mahasiswa Program Studi Ekonomi Universitas AMIKOM Yogyakarta. (Foto: Dok. Pribadi)

    BERNASNEWS.COM — Salah satu cara untuk menjadi mahasiswa yang unggul, Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas AMIKOM Yogyakarta memberikan pelayanan sarana dan prasarana untuk menunjang pendidikan dengan lengkap. Namun sarana dan prasarana itu hanya profesional secara teori saja, sehingga juga mengadakan praktek lapangan yang disebut dengan magang.

    Kegiatan magang ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi semua pihak terutama mahasiswa peserta magang maupun instansi penyelenggara magang. Bagi mahasiswa peserta magang diharapkan dapat mengaplikasikan teori yang diperoleh di perguruan tinggi pada instansi atau perusahaan. Sedangkan bagi pihak penyelenggara magang dapat meningkatkan kualitas hubungan dan kerjasama antar kedua belah pihak serta meningkatkan keterkaitan dan kesesuaian antara substansi akademik yang disampaikan pada mahasiswa agar kemudian hari bermanfaat.

    Pada kegiatan magang ini, mahasiswa peserta magang melakukan kegiatan di Umbul Ponggok Klaten. Umbul Ponggok merupakan salah satu wisata air yang berlokasi di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Daya tarik yang ditawarkan oleh objek wisata Umbul Ponggok yaitu kolam air, yang memiliki keunggulan mata air alami mencapai 40 titik mata air, dimana sumber mata air tersebut menginduk pada lereng Gunung Merapi.

    Salah satu spot foto diving di Umbul Ponggok, Klaten. (Foto: Istimewa)

    Keunikan lain dari Umbul Ponggok ini adalah masyarakat sebagai pengelola wisata yaitu melalui Badan Usaha Milik (BUM) Desa Ponggok. Sebelum dikelola, Umbul Ponggok merupakan aset desa yang tidak dikelola oleh siapapun. Berbagai paket wisata air ditawarkan diantaranya diving walker, warrior, foto underwater yang sangat diminati oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

    Kegiatan magang ini dilakukan selama 30 hari dari tanggal 14 Februari sampai dengan 14 Maret 2020. Dalam melakukan kegiatan magang, mahasiswa peserta magang selain dibimbing oleh dosen pembimbing juga dibimbing oleh ketua lapangan tempat magang sehingga dapat menyelesaikan kegiatan magang ini dengan baik.

    Berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh mahasiswa peserta magang yaitu penjualan tiket masuk dan penyewaan alat, administrasi keuangan, promosi obyek wisata, dan diving atau penyelaman untuk pengecekan kondisi kesehatan ikan.

    Permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa peserta magang, antara lain, 1). Harus teliti dalam melakukan pekerjaan untuk menghindari kekeliruan terutama dalam penghitungan keuangan; 2) Belajar berkomunikasi yang baik terutama kepada pengujung maupun rekan kerja; 3). harus lebih banyak lagi belajar promosi terutama kepada pengujung; 4). Jangan malu bertanya ketika belum memahami apa yang akan dilakukan.

    Agar kegiatan magang dapat berjalan dengan baik maka kegiatan magang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan harus mempersiapkan diri dengan baik. disamping itu juga mahasiswa peserta magang harus bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan dapat mengambil manfaat ilmu yang dipelajari dalam kegiatan magang dengan baik. (Risky Setiawan, Mahasiswa Program Studi Ekonomi Universitas AMIKOM Yogyakarta)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here