Pengalaman Kerja dan Menyenangkan, Magang di PT. Taspen

    2311
    0
    Pengelolaan Arsip Pensiunan di KantorPT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Yogyakarta oleh mahaiswa magang dari Prodi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas AMIKOM Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

    BERNASNEWS.COM — Saat liburan akhir semester tiba, bagi mahasiswa ialah waktu yang tepat untuk melaksanakan program magang. Hal ini bisanya diambil para mahasiswa yang sudah semester akhir. Pelaksanaan program magang yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas AMIKOM Yogyakarta ialah untuk memenuhi syarat kelulusan dan sebagai bekal mahasiswa mendapatkan pengalaman untuk memasuki dunia kerja.

    Mahasiswa peserta magang melaksanakan program magang di PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Yogyakarta selama satu bulan, dimulai pada tanggal 10 Februari sampai 6 Maret 2020. PT. Taspen (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diberi tugas untuk mengelola program asuransi sosial yang terdiri dari jaminan kematian, jaminan kecelakaan kerja, program pensiun dan tabungan hari tua

    Selama pelaksanaan program magang, mahasiswa peserta magang mengerjakan tugas yang berkaitan dengan pengelolaan data pensiun, pengelolaan kehumasan, pendidikan pada Divisi Umum dan SDM. Selain itu juga membantu dalam mempersiapkan kuisioner untuk peserta yang akan mengikuti pelatihan di PT. Taspen Kantor Cabang Yogyakarta.

    Asisten Manajer Umum dan SDM PT. Taspen (Pesero) Kantor Cabang Yogyakarta (kiri) bersama dengan mahasiswa magang. (Foto: Istimewa)

    Dalam proses pelaksanaannya mengalami beberapa permasalahan, namun mahasiswa peserta magang juga mencari solusi agar bisa memecahkan permasalahan tersebut. Selain itu juga dituntut untuk disiplin dalam manajemen waktu, dalam menyelesaikan tugas serta dalam berpakaian dan sopan santun dalam lingkungan kerja. Hal tersebut harus diperhatikan karena sangat menentukan dalam proses kelancaran bekerja.

    Pengelolaan data pensiun dilakukan oleh PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Yogyakarta untuk melindungi data para pensiun. Dalam proses pengelolaan data untuk penyimpanannya bisa secara online dan offline. Penyimpanan online ialah data yang sudah di-scan dan di-reduce kemudian dimasukan ke aplikasi ELO. Data ini bisa dilhat oleh seluruh Kantor Cabang dan Kantor Pusat, sedangkan penyimpanan offline ialah arsip yang telah dirapikan kemudian disimpan pada box penyimpanan di PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Yogyakarta.

    Setelah pelaksanaan progran magang, banyak ilmu yang didapatkan seperti, pengetahuan dan wawasan mengenai manajemen pengelolaan arsip, cara rekap transaksi pengeluaran serta, bagaimana menjalankan pekerjaan dengan tepat dan benar. Selain itu mahasiswa peserta magang juga mendapatkan pengalaman baru terkait dunia kerja dimana dalam dunia kerja softskill dan hardskill sangat dibutuhkan. Juga para karyawan PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Yogyakarta yang ramah, baik dan selalu membimbing saat pelaksanaan magang membuat suasana lebih menyenangkan. (Sinta Rahmawati, Mahasiswa Prodi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas AMIKOM Yogyakarta)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here