Tuesday, June 28, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanPenetapan Sistem Zonasi agar Tidak Ada Lagi Sekolah yang Difavoritkan

Penetapan Sistem Zonasi agar Tidak Ada Lagi Sekolah yang Difavoritkan

bernasnews.com – Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Drs. Raden Suci Rohandi, M.IP mengemukakan, penetapan sistem zonasi antara lain untuk mendekatkan anak dengan sekolah yang dituju supaya anak tidak terlambat atau memerlukan transportasi yang susah ketika berangkat sekolah. Selain itu, agar anak dapat melakukan interaksi dengan tetangga sekitar.

“Dengan adanya sistem zonasi ini diharapkan tidak ada lagi sekolah yang difavoritkan, tetapi semua sekolah merata menjadi sekolah favorit untuk anak-anak. Info-info tentang PPDB SMA ini semua dapat diakses melalui laman https://ppdb.jogjaprov.go.id.,” kata dia pada webinar bertajuk  Strategi Memilih Sekolah dengan Sistem Zonasi, yang diselengggarakan SMA BOPKRI Banguntapan Bantul, DIY, Sabtu (11/6/2022).

Harapan dari webinar ini adalah pendidikan merupakan proses menuju cita-cita. Selain itu, semua orang tua dapat memaknai pendidikan secara menyeluruh dan diperbanyak literasi.  

Webinar yang diadakan secara daring ini selain menghadirkan Drs. Raden Suci Rohandi, M.IP., juga Wakil Dekan Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta Titisa Ballerina, S.Psi, M.Psi, Psikolog dan Kepala SMA BOPKRI Banguntapan Endah Nursinta S., M.Pd. Bertindak sebagai moderator, Bening Saraswati dari JB Radio Balai Tekkomdik DIY. 

Pembukaan webinar diawali dengan sambutan Ketua Yayasan BOPKRI Yogyakarta Ir. Obed Tri Pambudi yang menyampaikan apresiasi dan dukungan sepenuhnya untuk setiap kegiatan yang dilaksanakan sekolah ini.  Dia berharap, webinar ini membawa dampak yang baik untuk memajukan pendidikan Indonesia pada umumnya, tetapi juga pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta terkhusus untuk SMA BOPKRI Banguntapan.

Kepala SMA BOPKRI Banguntapan Endah Nursinta S., M.Pd. mengatakan, latar belakang membuat webinar ini adalah ingin menjembatani para orang tua murid untuk menyelesaikan masalah-masalah yang mereka rasakan pada saat ini, khususnya dengan sistem zonasi.  Dia juga mengenalkan SMA BOPKRI Banguntapan, keunggulan apa saja yang dimiliki sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik untuk putra/putrinya.

Wakil Dekan Fakultas Psikologi UST Yogyakarta Titisa Ballerina, S.Psi, M.Psi, Psikolog menyampaikan materi tentang  bagaimana cara mengenal potensi, bakat dan minat pada anak. Bahwa setiap anak adalah unik mereka membawa kodrat masing-masing untuk berkembang sesuai bakat dan potensi yang dimiliki. Setiap anak tidak boleh dipaksa dan harus didukung sesuai perkembangan masing-masing.

“Sebagai orang tua dan pendidik, kita harus mengenal diri sendiri untuk bisa mengenal anak lebih dalam lagi. Tidak hanya itu, untuk mencari atau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi selalu libatkan anak untuk memilih sekolah, selain sebagai bentuk proses pendewasaan anak, anak juga diajak untuk bertanggungjawab dengan pilihannya,” kata dia sebagaimana dikutip Tim Webinar Bobayo Faida Fitria Fatma, S.Si. dalam siaran pers ke bernasnews.com. (*/mar)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments