Home Pendidikan Penanaman Nilai Karakter dengan Bercerita

Penanaman Nilai Karakter dengan Bercerita

383
0
Pengawas Sekolah TK di Tempel dan Turi, Sleman Winarsih SPd MPd menyerahkan karya buku cerita bergambar kepada praktisi pers YB Margantoro di Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Rabu (25/11/2020). Foto : Istimewa.

BERNASNEWS.COM- Peringatan Hari Guru Nasional (HGN), 25 November 2020, menjadi momentum yang tepat bagi para pendidik untuk refleksi dan lebih memantapkan diri untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan kepada anak didik.

Banyak cara dilakukan oleh organisasi profesi guru, insitusi pendidikan dan khususnya para pendidik dalam memaknai momentum tersebut. Salah satunya adalah Winarsih, S.Pd., M.Pd yang berkarya tiga buku cerita bergambar sekaligus.

“Salah satu cara yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai karakter adalah dengan bercerita. Anak menyukai buku cerita bergambar karena memungkinkan mereka dapat berimajinasi dan memudahkan memahami cerita. Cerita- cerita yang penuh dengan nilai-nilai kehidupan menjadi bagian penting dalam proses Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),” kata Winarsih yang sehari-hari menjadi Pengawas Sekolah jenjang Taman Kanak-kanak di wilayah Kapanewon Tempel dan Turi, ketika ditemui di kompleks Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Rabu (25/11/2020).

Ketiga karya buku cerita bergambar itu adalah Sepasang Kucing yang Baik Hati (ISBN 978-623-95192-3-0), Si Belang Ingin Terbang (978-623-95192-4-7) dan Ikan Mas dan Semut Hitam (978-623-95192-5-4).

Menurut Pengawas Berprestasi 1 Kabupaten Sleman Tahun 2020 yang kebetulan berulang tahun pada 25 November ini, ketiga buku karyanya itu disusun dengan memperhatikan teori-teori PAUD.

“Buku ini diharapkan menjadi media bagi guru PAUD maupun orang tua dalam upaya menanamkan nilai-nilai karakter dan membantu tumbuh kembang siswa,” kata lulusan Pendidikan S2 Magister Manajemen UST Yogyakarta tahun 2020 ini.

Praktisi pers dan pegiat literasi YB Margantoro mengapresiasi buku cerita bergambar karya Winarsih ini. Diharapkan kehadiran buku ini dapat menambah khazanah perbukuan PAUD, mengaktifkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan menjadi dasar pendidikan karakter bagi anak didik. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here