Wednesday, May 18, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPenampilan Wayang Milehnium di Acara Mengenang 100 Hari Wafatnya Seniman Azwar AN

Penampilan Wayang Milehnium di Acara Mengenang 100 Hari Wafatnya Seniman Azwar AN

bernasnews.com —  Berbagai giat seni dan budaya dalam rangka mengenang 100 hari wafatnya seniman dan budayawan Azwar.AN akan digelar, Kamis (31/3/2022), Pukul 19:00 – 21:30 WIB, di  Gedung Societet, Taman Budaya, Kota Yogyakarta.

Acara bertajuk ‘100 Mantra Teater Alam untuk Azwar.AN’ itu akan diisi oleh penampilan diantaranya, Mantara Doa, Monolog, Pantomim, Musik Samya, Tari-Puisi, Dramatic Reading, Melukis Bersama dan Penampilan Wayang Milehnium.

Wayang berukuran jumbo dengan bahan dari logam, dengan tokoh utama wayang Azwar.AN dan Istri tersebut karya dari seniman dan sekaligus dalang Ki Mujar Sangkerta. Karakter dan stile Azwar.AN dipilih yang selalu menggunakan topi putih lancip depan. Untuk kostumnya modifikasi dengan karakter kostum etnik Jawa modern. Sedangkan tokoh istrinya berkebaya dan baju berenda yang unik dan bersanggul besar khas orang Jawa.

Keluarga besar Alm. Azwar AN seniman dan pendiri Teater Alam, dengan latar belakang Wayang Milehnium Tokoh Azwar AN dan Istri. (Foto: Kiriman Ki Mujar Sangkerta)

“Konsep setting artistik panggung acara besok berupa Seni Instalasi 3 Dimensi Bambu, merupakan pilihan yang fleksibel dan ramah lingkungan serta senada dengan nunsa Teater Alam yang natural alami,” terang Ki Mujar Sangkerta, ketika dikonfirmasi, Senin (28/3/2022).

Menurut dia, dengan berbagai desain geometri seperti bentuk bulat, kerucut, serta persegi. Pihaknya bisa mengeksplorasi lebih leluasa bambu-bambu yang sudah dibelah menjadi beberapa bagian untuk mempermudah pembentukannya.

“Dengan kelenturan bilahan bambu yang masih basah tersebut, kami dapat menciptakan berbagai bentuk-bentuk tiga dimensi yang imajinatif naif dan sangat plastis dalam penggarapannya,” beber seniman jebolan STSRI ASRI (Sekarang ISI Yogyakarta), Jurusan Kriya Logam.

Salah satu karya dari bambu sebagai penghias panggung acara mengenang 100 hari wafatnya seniman Azwar AN. (Foto: Kiriman Ki Mujar Sangkerta)

Dikatakan, ini yang membuat kami semakin menikmati proses kreatif berkarya penuh kreativitas tanpa batas. “Kerangka- kerangka bambu tersebut memang sengaja tidak kami balut dengan lapisan kertas semen, kertas koran atau yang lainnya. Agar karakter kerangka bambu lebih eksotik dapat kita nikmati keartistikannya,” ungkap Ki Mujar Sangkerta.

Bentuk pertunjukan pada saat acara memperingati 100 hari Wafatnya Almarhum Datuk Azwar.AN, pada tanggal 31 Maret 2022, Wayang Milehnium hanya sebagai simbolisasi atas keberadaan Abanda Datuk Azwar beserta Istri tercinta di tengah-tengah keluarga dan anak cucunya yang hadir.

“Penampilan Wayang Milehnium dengan tokoh sentral almarhum mengartikan, bahwa Abangda Datuk Azwar AN senantiasa masih ada dalam kehidupan keluarga tercintanya,” kata Ki Mujar Sangkerta. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments