Home News Pemuda Suryoputran Bagikan Gratis Handsanitizer kepada Warga

Pemuda Suryoputran Bagikan Gratis Handsanitizer kepada Warga

610
0
Pembina Pemuda Suryoputran Handhi Susilo (kiri) didampingi Ketua Pemuda Milang Qori B secara simbolis menyerahkan handsanitizer kepada Ketua Kampung Suryoputran, Minggu (29/3/2020) dalam kegiatan Tanggap Darurat Covid-19. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Kelangkaan dan mahalnya handsanitizer atau zat pembersih tangan di pasaran lantaran merebaknya wabah virus Covid-19 serta dalam rangka mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh Ketua Kampung Suryoputran. Segenap pengurus Pemuda Pemudi Suryoputran membagikan handsanitizer secara gratis untuk warga.

Doa bersama yang dipimpin oleh Ustad Saiman Puja, SAg (kanan nomoer 2) sebelum melakukan penyemprotan desinfektan di lingkup Kampung Suryputan, Yogyakarta, Minggu (29/3/2020). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

“Melihat kelangkaan dan tingginya harga handsanitizer di toko-toko, sehingga pemuda pemudi Suryoputran tergerak untuk ikut peduli membuat sendiri bahan handsanitizer untuk dibagikan warga secara gratis atau donasi (sumbangan) seikhlasnya,” terang Ketua Pemuda Milang Qori B yang didampingi Handhi Susilo selaku Pembina Pemuda Suryoputran, saat ditemui di Balai Kampung Suryoputran, Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta, Minggu (29/3/2020).

Penyemprotan desinfektan tahap kedua dengan alat semprot beroda dikhususkan untuk ruas jalan utama di lingkup Kampung Suryoputran. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Pemuda Pemudi menyiapkan lebih kurang 40 liter bentuk refil/ isi ulang yang dibagikan untuk sekitar 400 KK se Kampung Suryoputran yang terbagi dalam tiga wilayah administrasi, RW 08, RW 09, dan RW 10. “Pembuatan dilakukan secara gotong royong dan pembagiannya pun dilakukan oleh Pemuda Pemudi Suryoputran dengan langsung mendatangi rumah warga. Dalam kegiatan pencegahan Covid-19 atau pelaksanaan penyemprotan desinfektan, pemuda akan tetap menyengkuyung (mendukung, red),” imbuh Milang.

Di sela-sela kegiatan penyemprotan desinfektan yang kedua, Ketua Kampung Suryoputran H. Bandrio Utomo, SE mengpresiasi prakarsa Pemuda Pemudi Suryoputran yang ikut peduli kondisi saat ini, yaitu ikut melakukan pencegahan virus Covid-19 dengan membagikan handsantinezer secara cuma-cuma.

“Pemuda adalah garda terdepan sebagai pemersatu warga kampung, gotong royong dan kebersamaannya selama ini perlu menjadikan contoh bagi kita semua. Prakarsa dalam pembuatan handsanitizer dan dibagikan kepada warga ini merupakan bentuk nyata,” ujar Bandrio.

Lurah Penembahan Purnama, SE (kanan) saat meninjau pelaksanaan penyemprotan dan mengingatkan keberadaan Pasar Kluwih kepada Ketua Kampung (RK) Suryoputran H. Bandrio Utomo, SE (tengah) dan Ketua RW 08 Suryoputran Seno Pratomo. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Sementara itu, Lurah Panembahan Purnama, SE saat meninjau pelaksanaan penyemprotan desinfektan tahap ke dua di Kampung Suryoputran mengingatkan kembali, tentang surat edaran Walikota Yogyakarta dan kebijakan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X yang mengatur bagi warga pendatang atau pemudik awal yang datang di wilayahnya.

“Soal mobilitas orang dan pelaksanaan penyemprotan dalam upaya pencegahan Covid-19 ini sepenuhnya pada ranah perangkat kampung. Saya juga mengingatkan kepada pengurus/ perangkat kampung Suryoputran berkenaan dengan keberadaan Pasar Kluwih di Jalan Suryoputran. Hal ini juga perlu diperhatikan untuk disemprot,” tegas Purnama. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here