Home News Pemuda Katolik Membentuk Satgas Covid 19

Pemuda Katolik Membentuk Satgas Covid 19

369
0
Ormas Pemuda Katolik Komisariat DIY membentuk Satgas Covid 19 yang bertugas menghimpun dana dan menyalurkan bantuan bahan pangan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan tanpa membedakan suku, agama, dan lainnya. Satgas ini dibentuk di Pusat Pastoral Mahasiswa (PPM) Jalan Dr Wahidin Jogyakarta, pada Senin, 4 Mei 2020. Foto : Dok PK Komisariat DIY

BERNASNEWS.COM – Pemuda Katolik sebagai salah satu organisasi massa (Ormas) yang ada di Indonesia, ikut peduli pada warga terdampak wabah virus korona (Covid 19). Di tingkat nasional, Pemuda Katolik (PK), mencanangkan Gerakan #angkat1saudara. Gerakan yang dicanangkan pada 1 April 2020 ini telah berjalan di 26 provinsi.

Melalui [email protected] ini, PK memberikan bantuan berupa Sembilan bahan pokok makanan (sembako), uang tunai, voucher listrik, masker dan hand sanitizer kepada masyarakat yang membutuhkan. Melalui gerakan#angkat1saudara ini pula PK bermaksud menggalang semangat satu padu dan gotong-royong semua elemen bangsa dalam memutus penyebaran Covid 19, dan mengantisipasi terhadap keluarga dan masyarakat yang rentan terdampak secara ekonomi.

Ormas Pemuda Katolik Komisariat DIY memberikan sejumlah bantuan kepada Asrama ASMI St Maria yang diterima oleh seorang suster biarawati, Senin, 4 Mei 2020. Foto : Dok PK Komisariat DIY

Di tingkat DIY, Pemuda Katolik Komisariat Daerah DIY membentuk Satgas  Covid 19, yang berisikan 15 orang. Ketua Satgas adalah Ignatius Ganjar Trihantoro yang juga Ketua PK Komisariat DIY. Sagas Covid 19 PK Komisariat DIY ini yang dibentuk dan disahkan di Pusat Pastoral Mahasiswa (PPM) Jalan Dr Wahidin Yogyakarta ini bertugas mengumpulkan dana dan menyalurkan paket sembako kepada masyarakat yang sangat membutuhkan, tanpa memandang suku, agama dan sebaginya.

Satgas Covid 19 PK Komisariat DIY melakukan aksi pertama pada Senin (4/5/2020) lalu, dengan menyalurkan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang sangat membutuhkan di beberapa area di Bantul, Sleman, dan Kota Yogyakarta.

Satgas Covid 19 PK Komisariat DIY menyerahkan bantuan kepada warga masyarakat. Foto : Dok PK Komisariat DIY

Di Bantul bantuan diberikan kepada masyarakat di daerah Banguntapan. Sleman di Mlati dan Minggir dan di Kota Yogyakarta di daerah Badran. Bantuan ini semua berjumlah 55 paket sembako. Satgas Covid 19 PK Komisariat DIY juga memberi bantuan berupa beras 50 kg, gula 10 kg, minyak goreng 10 liter dan sabun cuci 5 bungkus besar kepada Asrama ASMI.

Humas dan Jaringan Kerjasama Satgas Covid 19 PK Komisariat DIY Petrus Eko Nugroho menghimbau dan mengetuk hati siapa pun untuk berbagi di tengah kesulitan ini. “Seberapa pun bantuan kita akan menjadi sukacita bagi saudara-saudari kita,” imbau Eko.

Tanpa memandang latar belakang apa pun, Satgas Covid 19 PK Komisariat DIY memberikan bantuan pangan kepada warga masyarakat yang sangat membutuhkan. Foto : Dok PK Komisariat DIY

Petrus Eko juga mengatakan, Satgas Covid 19 PK Komisariat DIY mempunyai program berupa gerakan ketahanan pangan semesta. “Kami mengajak semua elemen masyarakat untuk menciptakan ketahanan pangan dengan menanam tanaman sayur dan tanaman buah di lingkungan tempat tinggal masing-masing,” ajak Eko. (Anton Sumarjana, penulis lepas tinggal di Nologatne, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here