Home News Pemuda Katolik Komcab Sleman Gelar Seminar Memperingati Sumpah Pemuda

Pemuda Katolik Komcab Sleman Gelar Seminar Memperingati Sumpah Pemuda

151
0

BERNASNEWS.COM – Dalam rangka untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93, Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Sleman menyelenggarakan seminar dengan tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh. Seminar diselenggarakan pada hari Minggu, 24 Oktober 2021, di Puri Mataram Resto & Wahana Wisata Jalan PJKA Panglikan Tridadi Sleman itu diikuti oleh kaum muda Katolik di Sleman dan undangan dari luar Sleman.

Tampil sebagai narasumber Danang Maharsa SE, Wakil Bupati Sleman; Hery Sutopo MM, Kepala Kesbangpol Sleman dan Dr B Wibowo Suliantoro M.Hum. Sementara MY Esti Wijayati, Anggota DPRRI, batal hadir karena mendadak sakit. Sebagai moderator seminar Pancratius Rio Mayrolla, Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kota Yogyakarta.

Stevanus, Ketua Pemuda Katolik Komisariat Sleman, sebagai Ketua Panitia, menjelaskan seminar ini merupakan kegiatan perdana Pemuda Katolik Sleman dalam bentuk tatap muka, semasa pandemic ini.

Sementara Danang Maharsa SE, Wakil Bupati Sleman, sebagai pembicara kunci menyatakan sangat senang dengan acara peringatan Sumpah Pemuda yang diselenggarakan oleh Pemuda Katolik. Potensi kaum muda di Kabupaten Sleman sangat besar, lebih dari 21 persen dari jumlah penduduk atau sekitar 231 ribu kaum muda.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa SE saat menjadi narasumber dalam seminar di Puri Mataram Resto & Wahana Wisata Jalan PJKA Panglikan Tridadi Sleman, diikuti oleh kaum muda Katolik di Sleman dan undangan dari luar Sleman. Foto: AG Sukaryadi

Selain itu, Sleman juga menjadi pusat pendidikan, dimana lebih dari 23 perguruan tinggi ada di Kabupaten Sleman. Dalam pembangunan, Pemerintah Kabupaten Sleman memprioritaskan dan memberdayakan kaum muda. Salah satu kebijakan, misalnya, untuk menjadi perangkat desa (Dukuh, Jagabaya, Ulu-ulu dan sebagainya) pelamar dibatasi pada usia maksimal 42 tahun.

Apa yang disampaikan Danang Maharsa diperkuat oleh Hery Sutopo MM, Kepala Kesbangpol Sleman. Menurut Hery Sutopo, pembinaan generasi muda di Sleman juga memperhatikan peta generasi milenial, gen-Z dan seterusnya.

Dr B Wibowo Suliantoro M.Hum, dari Universitas Atmajaya Yogyakarta, memberikan dorongan semangat kepada kaum milenial dengan sejarah pergerakan kaum muda. Ia juga mengingatkan bahwa peran pemuda Katolik dalam Konggres Pemuda dan pergerakan pemuda Indonesia cukup banyak. Ia punn mengajak kaum muda Katolik di zaman ini agar tetap bisa ikut berperan dalam membangun negara dan bangsa Indonesia. (A Gandung Sukaryadi, Pendamping Pemuda Katolik Komda DIY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here