Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPemprov DIY Targetkan Draf SOP New Normal Rampung 4 Juni

Pemprov DIY Targetkan Draf SOP New Normal Rampung 4 Juni

BERNASNEWS.COM – Pemprov DIY tengah menargetkan bahwa Juli 2020 mendatang bisa diberlakukan new normal. Oleh karenanya, standar operasional prosedur (SOP) protokol COVID-19 sedang dipersiapkan oleh Pemprov saat ini. Targetnya, draft seluruh organisasi pemerintah daerah (OPD) wajib rampung 4 Juni sebelum nantinya akan dipresentasikan dan menjalani evaluasi kajian.

Sekda Provinsi DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan kesiapan ini terkait skema new normal. Penerapan new normal adalah sistem kerja internal setiap OPD. Berlanjut dengan wujud pelayanan publik. Berupa penerapan SOP protokol COVID-19.

“Kamis (4/6/2020) minggu depan draft SOP sudah diserahkan ke saya untuk dipresentasikan ke Pak Gubernur sebagai skenario new normal,” kata Sekda DIY, Baskara Aji, Kamis (28/05/2020).

Selain terkait protokol kesehatan, adapula optimalisasi teknologi informasi untuk OPD yang terkait dengan pelayanan publik. Tujuannya ialah meminimalisasi kontak fisik dan kerumunan.

Dia juga meminta OPD melibatkan mitra kerja terkait. Diantaranya seperti PHRI, ASITA, Organda hingga pengelola mal yang ada di DIY. Konsepnya adalah keterlibatan sebagai subjek dalam sebuah kebijakan. Diharapkan muncul tanggung jawab untuk menjalankan kebijakan secara mandiri. Sehingga apabila terjadi pelanggaran maka setiap pengelola mitra kerja siap menjalankan sanksi.

“Ya seperti mal itu nanti dikoordinasikan Disperindag. Setiap mal kan memiliki spesifikasi yang berbeda, imbasnya ke kebijakan yang disusun. Misal ada yang melanggar, maka penyelenggara atau pengelola siap menerima sanksi,” ungkapnya.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments