Home News Pemkot Yogyakarta Siapkan RS Rujukan Covid-19, Tambahan untuk Atasi BOR yang Nyaris...

Pemkot Yogyakarta Siapkan RS Rujukan Covid-19, Tambahan untuk Atasi BOR yang Nyaris Penuh

195
0
Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, MA. (Foto: Dok. Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mengatakan, bahwa Bed Occupancy Ratio (BOR) di sejumlah rumah sakit yang ada di Kota Yogyakarta nyaris penuh. Saat ini tingkat keterisian ICU dilaporkan mencapai 97 persen.

Dalam laporannya, Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi juga menyebut BOR non ICU juga menyentuh angka di atas 90 persen. “Kondisi rumah sakit di Kota Yogyakarta memang sudah mepet ketersediaan tempat tidurnya. Beberapa rumah sakit sdh penuh. Tetapi yang lain masih tersedia juga kamarnya. Untuk ICU 97% dipakai, non ICU 92%, dan IGD 87%,” ungkap Heroe dalam laporannya pada Selasa (29/6/2021).

Melihat kondisi tersebut, Pemkot berencana menambah shelter atau rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di wilayah Kota Yogyakarta terutama untuk kategori ringan hingga sedang dari kapasitas sebelumnya yang hanya sebanyak 7.

“Kami sedang mempersiapkan untuk menyiapkan kamar-kamar agar bisa ditambah lagi. Ini rumah sakit rujukan Covid-19 yang di Kota Yogyakarta ada 7, sudah kita minta untuk menambah lagi,” paparnya.

Heroe mengatakan, bahwa untuk saat ini,tempat yang telah mendapat persetujuan yakni di Balai Diklat Kementerian. Namun secara resmi masih sedang berlangsung persiapannya. Dengan adanya tambahan tempat rujukan, Pemkot juga menyesuaikan dengan menyiapkan peralatan dan tenaga kesehatan tambahan yang nanti bakal membantu melayani di tempat tersebut.

“Sementara ini, Pemkot sudah meminta izin ke PPSDM untuk bisa mengajak nakes Pemkot yang sedang melakukan Diklat agar memperkuat kesiapan nakes melayani pasien. Selain itu juga sedang kita koordinasikan dengan sejumlah kampus kedokteran dan perawatan untuk bisa membantu mengatasi persoalan kasus COVID yang meningkat ini,” ungkap Heroe.

Sementara itu, shelter bagi pasien Covid-19 ringan hingga tidak bergejala namun tidak bisa melakukan isolasi mandiri di rumah, Pemkot juga telah menyiapkan lokasi di wilayah Bener yang saat ini baru terisi 60 kamar dari total kapasitas 84.

Sejumlah balai RW dan RT yang ada di wilayah Kota Yogyakarta juga siap digunakan. Termasuk sejumlah rumah dinas Mantri PP atau Camat. Pemkot juga sudah menyiapkan tempat manakala jumlah kasus semakin tinggi dan perlu menambah kamar shelter. (Feva)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here