Home News Pemkot Yogyakarta Fasilitasi Vasinasi Rabies untuk Hewan Peliharaan

Pemkot Yogyakarta Fasilitasi Vasinasi Rabies untuk Hewan Peliharaan

47
0
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Suyana (kiri) saat menyampaikan program vaksinasi khusus untuk hewan peliharaan di Kota Yogyakarta. (Feva/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menggelar vaksinasi khusus untuk hewan peliharaan. Program ini dicanangkan untuk mempertahankan kesehatan hewan peliharaan yang ada di Kota Yogyakarta.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Suyana menyatakan, bahwa sebetulnya Yogyakarta telah dinyatakan bebas rabies. Total sebanyak 26 daerah yang dinyatakan bebas rabies.

“DIY sebetulnya bebas rabies. Ada 26 daerah dinyatakan dengan SK Menteri Pertanian. Tugas kita menjaga rabies tidak berkembang lagi. Kita harapkan bisa menjaga kesehatan hewan,” ujar Suyana, Selasa (31/8/2021).

Vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan ini ditargetkan oleh Pemkot Yogyakarta menyasar pada 3 jenis hewan yakni anjing, kucing dan kera. “Kita upayakan rutin vaksinasi rabies anjing, kucing dan kera yang akan kita lakukan vaksinasi,” imbuhnya.

“Yang akan kita lakukan vasinasi rabies adalah hewan yang berdomisili di Kota Yogyakarta. Tidak semua pemiliknya ber KTP DIY, yang penting hewan itu tinggal dan bertempat di Kota Yogyakarta,” sebutnya.

Pelaksaan vaksinasi ini dilakukan karena rabies termasuk salah satu penyakit yang cukup berbahaya ditularkan dari hewan ke manusia maupun bisa sebaliknya. Penyakit ini juga ditakuti oleh wisatawan mancanegara.

Nantinya, pelaksanaan vaksinasi rabies ini akan diadakan di 45 kelurahan di Kota Yogyakarta dari tanggal 6 hingga 24 September 2021, dengan total kuota yang diberikan sebanyak 2.350 vaksin.

Adapun syarat hewan untuk mengikuti vaksinasi rabies ini diharapkan dalam kondisi sehat, telah diberikan obat cacing, berusia minimal 4 bulan, serta untuk hewan betina tidak sedang dalam kondisi bunting atau menyusui. “Kita berharap kondiri hewan yang divaksin sehat,” pungkasnya. (Feva)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here