Tuesday, June 28, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPemkot Yogyakarta Dukung Revitalisasi Terminal Giwangan

Pemkot Yogyakarta Dukung Revitalisasi Terminal Giwangan

bernasnews.com – Pemerintah Kota Yogyakarta mendukung rencana proyek revitalisasi Terminal Giwangan yang bakal dilakukan dalam waktu dekat. Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas Wali Kota Yogyakarta Sumadi saat mendampingi kunjungan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kala meninjau Terminal Giwangan pada Minggu (29/5/2022).

Untuk mendukung upaya peningkatan pelayanan angkutan jalan dengan fasilitas dan bangunan terminal layaknya bandara, pihaknya akan berkolaborasi secara intensif dengan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub.

“Kita akan integrasikan anggaran yang berkaitan dengan perawatan dan rehabilitasi terminal,” ujarnya.

Sebagaimana disampaikan oleh Menhub Budi Karya Sumadi, proyek revitalisasi di Jawa Tengah di tiga terminal tipe A yakni Tirtonadi Solo, Mangkang Semarang, dan Bulupitu Purwokerto telah rampung. Setelahnya, pemerintah juga berencana akan menjalankan revitalisasi di Terminal A Giwangan di Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

“Sekarang kita akan lakukan di Jogja (Terminal Tipe A Giwangan),” kata Menhub.

Budi berujar bahwa bangunan Terminal Giwangan sejauh ini sudah cukup megah. Hanya saja, menurut dia perlu ada sejumlah bagian yang direnovasi dengan anggaran yang bakal dipersiapkan.

“Kita sudah siapkan anggaran untuk bangunan baru, tapi akan kami evaluasi karena bangunannya (eksisting) sudah megah. Kita ingin setiap rupiah yang dikeluarkan, harus menghasilkan layanan yang baik. Kita ingin terminal ini lebih nyaman dan indah,” katanya.

Lebih lanjut, ia juga berharap agar pengelolaan kios ada di Terminal Giwangan diatur dengan tegas. Pasalnya kios-kios yang ada di kelola oleh pihak ketiga, bukan oleh pengelola terminal.

“Jadi masyarakat yang nanti akan menyewa kios, bayarnya bisa ke pemerintah (pengelola terminal), bukan ke pihak lain,” tutur Menhub.

Menhub berharap dukungan dari Pemkot Yogyakarta untuk mensukseskan revitalisasi Terminal Giwangan dan juga mengapresiasi ide dari Pemkot untuk memisahkan antara jalur bus pariwisata dengan bus AKAP.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments