Home News Pemkab Sleman Raih Anugerah KLA Kategori ‘Nindya’ Tahun 2021

Pemkab Sleman Raih Anugerah KLA Kategori ‘Nindya’ Tahun 2021

178
0
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo beserta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait saat menyaksikan pengumuman penghargaan oleh Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Kamis (29/7/2021). Foto: Istimewa.

BERNASNEWS.COM — Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menganugerahkan penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak kategori ‘Nindya’ tahun 2021 kepada Pemerintah Kabupaten Sleman, Kamis (29/7/2021). Pengumuman penghargaan itu dilaksanakan secara virtual, dihadiri oleh Bupati Sleman Sri Kustini Purnomo beserta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan, bahwa penghargaan ini diraih berkat kerja keras semua pihak yang telah berusaha mewujudkan Kabupaten Sleman sebagai Kabupaten Layak Anak. “Penghargaan ini berkat kerja keras kita bersama dan semoga pandemi ini tidak mengurangi tekad kita untuk terus mewujudkan Kabupaten Sleman sebagai Kabupaten Layak Anak,” ungkap Kustini.

Dikatakan, dalam rangka mendukung terwujudnya KLA, di Kabupaten Sleman telah membentuk 86 Kalurahan Ramah Anak, 17 Kapanewon Layak Anak, 4 Rumah Sakit Ramah Anak, 25 Puskesmas Ramah Anak, 913 Sekolah Ramah Anak, 19 Masjid Ramah Anak, 25 Pondok Pesantren Ramah Anak dan 2 Gereja Ramah Anak.

“Untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak,  lima klaster hak anak sebagai syarat terwujudnya Kabupaten Layak Anak juga terus diupayakan Pemkab Sleman,” tegas orang nomor satu di Pemkab Sleman itu.

Dalam sambutannya, Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan, bahwa pelaksanaan Evaluasi Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) sempat ditunda selama satu tahun pada 2020 akibat pandemi Covid-19.

“KLA merupakan sistem pembangunan berbasis anak yang dilakukan melalui integrasi sumber daya pemerintah, masyarakat, media, dan dunia usaha yang secara keseluruh dalam program kebijakan untuk menjamin hak anak,” terang I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Lanjut Bintang, KLA diberikan kepada seluruh kabupaten/kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh serta berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here