Home News Pemkab Sleman Kembali Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

Pemkab Sleman Kembali Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

28
0
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo (kiri) menunjukkan trofi dan sertifikat Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Mentor, Rabu (13/10/2021). Foto: Istimewa.

BERNASNEWS.COM — Pemerintah Kabupaten Sleman kembali raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Mentor. Penghargaan diberikan secara virtual oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), Rabu (13/10/2021), di Smart Room Diskominfo Kabupaten Sleman.

Menurut Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, raihan Kategori Mentor dalam APE yang menjadi penghargaan kategori tertinggi ini menjadi motivasi untuk senantiasa berupaya melaksanakan pembangunan di bidang Pengarusutamaan Gender (PUG) di Kabupaten Sleman.

“Terlebih lagi Pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya juga melihat keterlibatan dan peran serta aktif dari berbagai komponen masyarakat dan pemangku kepentingan dalam pembangunan dan pemberdayaan kaum perempuan dan anak-anak,” ungkap Kustini.

“Alhamdulillah Kabupaten Sleman bisa mempertahankan penghargaan ini, sebelumnya pernah diraih Kabupaten Sleman pada tahun 2018,” ujarnya.

Kustini menekankan, Pemkab Sleman melalui Dinas P3AP2KB terus menjaga komitmen menurunkan angka kekerasan perempuan dan anak dan perdagangan manusia. Serta, memastikan perempuan memiliki akses ke sumber daya ekonomi.

Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati menjelaskan, bahwa penghargaan APE 2020 yang digelar pada 2021 tersebut, terdapat 13 kementerian/ lembaga, 29 provinsi dan 266 kabupaten/kota yang menerima penghargaan.  Adapun APE yang diberikan setiap dua tahun sejak tahun 2006 merupakan ukuran untuk melihat kemajuan pembangunan yang berorientasi pada pembangunan berkeadilan gender.

“Sekaligus juga melakukan gambaran implementasi terhadap upaya-upaya yang telah dilakukan oleh kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah atas usaha mereka melaksanakan strategi pengarusutamaan gender,” imbuh Bintang. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here