Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomeNewsPemkab Sleman Dukung UMKM Go Digital

Pemkab Sleman Dukung UMKM Go Digital

bernasnews.com – Dalam rangka mendukung program penggalakkan UMKM, Pemkab Sleman meluncurkan Bimtek Operator Sistem Satu Data UMKM pada Selasa, (2/8/2022).

Bupati Sleman, Kustini mengatakan bahwa dirinya menyambut baik dengan adanya kegiatan Bimtek ini. Karena kegiatan seperti ini penting bagi paara UMKM dalam mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam rangka mewujudkan data yang akurat dan mudah diakses.

Selain itu, Bimtek ini juga dapat membantu pemerintah dalam merencanakan regulasi serta pembiayaan.

Bupati Sleman, Sleman dalam peluncuran Bimtek Satu Data UMKM. Foto: Istimewa

“Termasuk memudahkan pemerintah untuk merencanakan regulasi dan pembiayaannya,” ungkap Kustini.

Kustini juga berharap adanya Bimtek ini dapat mewujudkan big data terkait UMKM di Kabupaten. Sehingga big data tersebut dapat dijadikan sebagai acuan untuk membuat strategi pengembangan UMKM.

Kemudian Kepala Dinas Koperasi dan dan UMKM Kabupaten Sleman, Haris Martapa menjelaskan bahwa satu sistem satu data ini merupakan aplikasi database yang berfungsi sebagai pencatat informasi seputar data pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Sleman sesuai dengan bidang dan kondisi saat ini.

“UMKM yang tercatat menjadi prioritas dalam penerima manfaat diantaranya Pelatihan, Pendampingan, Fasilitasi Perizinan, Pameran Produk Unggulan serta mengakses segala bentuk pembiayaan,” jelas Haris.

Sebagai informasi, kegiatan Bimtek ini diikuti oleh 131 peserta yang terdiri dari perwakilan 11 OPD di Pemkab Sleman, 17 Kapanewon dan 86 Kalurahan di Kabupaten Sleman. (Eva)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments