Home News Pemerintah Daerah Harus Memliki SOP yang Jelas Menuju New Normal

Pemerintah Daerah Harus Memliki SOP yang Jelas Menuju New Normal

451
0
Dr Stevanus, politisi muda PSI yang juga sebagai Anggota DPRD DIY. Foto : Dok Pribadi

BERNASNEWS.COM – Sebagai wilayah yang cenderung bergantung pada aktivitas ekonomi dari sektor pariwisata, selama pandemik virus Corona, Jogja mengalami hantaman yang cukup besar. Nyaris seluruh sektor pariwisata dan turunannya mengalami penurunan yang sangat drastis selama 3 bulan terakhir.

Penanganan tepat yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam mencegah penyebaran Covid-19 menjadi salah satu kunci untuk menjaga warga terhindar dari virus Corona. Selain itu, pemerintah daerah juga perlu memperhatikan dan memastikan ekonomi Jogja yang selama 3 bulan terakhir sangat terdampak tetap dapat bertahan dan berangsur-angsur kembali pulih.

New Normal menjadi suatu titik awal untuk mempertahankan tatanan kehidupan dalam masyarakat. Tidak memungkinkan bagi Jogja untuk menghentikan segala kegiatan dalam kehidupan sosial ekonomi dalam masyarakat dalam periode yang panjang.

Dr Stevanus (kanan), politisi muda PSI yang juga sebagai Anggota DPRD DIY. Foto : Dok Pribadi

Dalam suatu kesempatan, Dr Stevanus, politisi muda PSI yang juga sebagai Anggota DPRD DIY mengungkapkan bahwa pemerintah daerah DIY harus sudah memiliki SOP yang jelas ketika Jogja benar-benar membuka diri menjadi wilayah yang siap melakukan “New Normal” di berbagai sektor.

Selain itu, ujar politisi PSI ini, ketegasan pemerintah daerah dalam menegakkan aturan menuju new normal sangat diperlukan. Patroli penegakan Satpol PP di berbagai wilayah harus terus dilakukan. Edukasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan di berbagai channel perlu terus digencarkan. Himbauan penggunaan masker ketika beraktivitas di luar harus dapat d internalkan ke dalam kehidupan keseharian dalam masyarakat. Jika masyarakat sudah taat dengan protokol kesehatan dan pemerintah sudah siap dengan SOP New Normal maka tidak terlalu lama lagi cocok sudah bisa masuk ke dalam perilaku new normal.

Menurut Dr Stevanusdalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com, Jumat (12/6/2020), hingga saat ini antivirus belum ditemukan sehingga kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 harus terus dilakukan oleh berbagai pihak. Penggunaan masker, jaga jarak, menghindari kerumunan dan selalu menjaga kebersihan tubuh menjadi salah satu cara menghindarkan diri dari terjangkit virus Covid-19. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here