Home Seni Budaya Pemenang Lomba Jogja Fashion Carnival 2019

Pemenang Lomba Jogja Fashion Carnival 2019

281
0
Jogja Fahion Carnival 2019 digelar oleh Dinas Pariwisata DIY, Minggu (3/10/2019). Foto: Istimewa

BERNASNEWS.COM — Jogja Fashhion Carnival 2019 bagian dari event Jogja Fashion Week 14th yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY, Minggu (3/11/2019), di sepanjang Jalan Malioboro, dengan panggung utama di depan Gedung DPRD DIY berlangsung meriah.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata DIY Marlina Handayani, S.Pd, MM, menjelaskan, tema umum kegiatan ini adalah “Jantaka Anargya” yang artinya merubah atau membuat sesuatu, sehingga menghasilkan sesuatu yang bernilai tinggi. Di mana kita bisa membuat karya seni keindahan dari sesuatu yang ada di sekeliling kita dari barang-barang yang dianggap tidak berguna menjadi ide dan kreativitas yang mewujudkan karya nan indah.

“Peserta berjumlah 28 kelompok yang terdiri dari 5 kelompok bintang tamu yang berasal dari Jember Society, Banyuwangi Etnocarnival, Salatiga Carnival Center, Tim Carnaval FT UNY, dan tim mitra pariwisata DIY, serta 22 kelompok yang mengikuti lomba karnaval yang berasal dari DIY, Solo, Kebumen, dan Cilacap juga satu kelompok Rias Fantasi. Sedangkan kostum yang digunakan dibagi dalam dua kategori, yaitu kategori flora dan fauna,” jelas Marlina.

Peserta lomba dinilai oleh lima orang dewan juri dari berbagai bidang ilmu, yakni dari unsur pemerintahan, budayawan, fashion, dan pelaku karnaval. Peserta yang menjadi juara di dua kategori tersebut akan menerima trophi dan uang pembinaan dari Dinas Pariwisata DIY. Juga akan ditampilkan pada penutupan Jogja Fashion Week 14th  di Jogja Expo Center.

Juara lomba karnaval Jogja Fashion Carnival 2019 dengan tim yuri terdiri dari, Singgih Raharjo, SH, Med, Afif Syukur, Dr Drs. Hadjar Pamadhi, MA Hons, Slamet Suroso, dan Nin Fhanany, memutuskan Kategori Flora sebagai pemenang adalah, Juara I. Komunitas Karnaval “Seven A Plus”, Juara II. Sanggar Seni Anggrek, Juara III. Griya Paes Art by SMAN 2 Cilacap, Juara Harapan I. Wiwiek Poenk Art Flashion, Juara Harapan II. Komunitas Karnaval “Green Carnival”, dan Juara Harapan III. P4TK.

Sementara itu, pemenang Kategori Fauna, sebagai Juara I. Komunitas Mbarang Wirang, Juara II. SMKN 1 Saptosari, Gunungkidul, Juara III. Komunitas Karnaval “Plumeria”, Juara Harapan I. Komunitas Karnaval “Sanggar Seni  R NB”, Juara Harapan II. Komunitas Karnaval “Pincuk Solo”, dan Juara Harapan III. Komunitas Karnaval “Traya Art”.

“Untuk juara Best Deville Jogja Fashion Carnival 2019 diraih oleh Komunitas Karnaval “Seven A Plus” dan juara Kategori Best Costum diraih oleh Komunitas Mbarang Wirang,” ujarnya.

Lanjut Marlina menjelaskan, adapun tim yuri untuk Lomba Rias Fantasi dalam rangka Jogja Fashion Carnival 2019 yang terdiri dari Totok Buchori, Lia Mustafa, dan Fenin Lambret telah memutuskan sebagai pemenangnya adalah, Juara I.Patricia Cintani W.S Psi, Juara II. Ardiansah Firman, Juara III. Awalia Sekar L, Juara Harapan I.  Lini Sulandari, Juara Harapan II. Muhammad Marhaban, dan Juara Harapan III. Dayu Anggita.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah atraksi wisata serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan lama tinggal (Length of Stay) di DIY,” pungkasnya. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here