Home News Pemda DIY Putuskan Hapus Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Pemda DIY Putuskan Hapus Denda Pajak Kendaraan Bermotor

395
0
Ilustrasi membayar pajak kendaraan bermotor. Foto: istimewa

BERNASNEWS.COM – Pemerintah daerah DIY melalui peraturan gubernur mengeluarkan kebijakan terkait penghapusan sanksi administratif pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB). Kebijakan ini mulai diberlakukan sejak 1 April 2020.

Di dalam Pergub DIY No.26/2020 dimuat soal rincian penghapusan PKB dan BBNKB. Adapaun penghapusan tersebut dilakukan untuk pemilik kendaraan bermotor yang melakukan pendaftaran tanggal 1 April 2020 hingga 30 Juli 2020 serta pembayaran pada 1 April 2020 sampai 31 Agustus 2020.

Selanjutnya dalam ayat kedua menyatakan penghapusan yang dimaksud adalah kenaikan 25% dan bunga 2% dari pokok PKB dan BBNKB per bulan. Selanjutnya yang dihaous ialah sanksi denda bunga pokok pajak satu bulan untuk pendaftaran kendaraan baru yang tidak melampirkan kwitansi pembelian bermaterai.

Sementara itu Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) DIY Bambang Wisnu Handoyo mengatakan bahwa adanya kebijakan ini sama sekali tak ada kaitannya dengan corona.

“Sudah cukup lama kami ingin menghapus sanksi administratif ini, jadi sebenarnya bukan karena corona tetapi sudah direncanakan,” kata Bambang.

Harapannya dengan adanya kebijakan tersebut bisa dimanfaatkan oleh warga Yogyakarta di tengah pandemi corona yang mempengaruhi perekonomian masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here