Home News Pemda DIY Perlu Miliki Support System Berbasis TIK bagi Warga yang Isolasi...

Pemda DIY Perlu Miliki Support System Berbasis TIK bagi Warga yang Isolasi Mandiri

252
0
Anggota Komisi A DPRD DIY Dr R Stevanus C Handoko S.Kom MM. Foto: Dok Pribadi

BERNSNEWS.COM – Anggota Komisi A DPRD DIY Dr R Stevanus C Handoko S.Kom MM meminta Pemerintah Daerah DIY agar memiliki support system berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) bagi warga yang yang menjlan isolasi mandiri. Hal ini jug menjadi rekomendasi Komisi A yng disampaikan dalam Rapat Kerja bersama Sekda DIY, Kepala Pelaksana BPBD, Kepala SatpollPP DIY, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Biro Tapem, Biro Umum, Senin 12 Juli 2021.

Rekomendasi Komisi A ini disampaikan dalam rangka untuk memperbaiki penanganan Covid-19 dan menekan laju kenaikan penyebaran Covid-19 di DIY.

Dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com pada Senin, 12 Juli 2021, Stevanus Handoko secara rinci menyebutkan rekomendasi Komisi A DPRD DIY, yakni : Pertama, pemerintah daerah bisa meningkatkan dan memfasilitasi sarana prasarana untuk mendukung kegiatan penanggulangan penyebaran Covid-19 hingga ke tingkat desa dan kalurahan.

Kedua, meminta kepada Pemerintah Daerah DIY untuk berkolaborasi dan meningkatkan kerjasama dengan Kejaksaaan, Polri dan TNI dalam proses penegakkan hukum aturan PPKM Darurat. Ketiga, merekomendasikan untuk menambah selter penanganan pasien Covid-19 termasuk dengan menyediakan fasilitas Kesehatan dan tenaga Kesehatan yang memadai.

(Baca juga : Pemanfaatan Teknologi Inkom untuk Membantu Tracing Penyebaran Covid-19 Tak Bisa Ditunda)

Keempat, merekomendasikan kepada pemerintah daerah untuk dapat mengkonsolidasi layanan informasi dalam bentuk call center terpadu (Omni Channel)

Kelima, terkait dengan pemulasaran, Komisi A merekomendasikan agar edukasi tentang pemulasaran dilakukan hingga ke tingkat desa/kelurahan melalui berbagai bentuk format pelatihan (Offline/Online) dan merekomendasikan adanya kebijakan pemberian perlindungan kepada tenaga kesehatan, relawan dalam bentuk Asuransi Kesehatan/Jiwa.

Keenam, merekomendasikan agar Pemerintah Daerah segera membangun Bigdata untuk support system berbasis TIK, agar penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 serta pemberian bantuan sosial dapat akurat. (Konsolidasi data dari berbagai dinas terkait ).

(Baca juga : Terkait Pelaksanaan PPKM Darurat, DPRD DIY Sampaikan 6 Hal pada Pemda DIY)

Ketujuh, merekomendasikan penggunaan anggaran meningkatkan anggaran pembelian oksigen RS, selter dan lain-lain dengan mengambil Langkah cepat untuk penggunaan APBD sesuai aturan hukum yang tepat. Serta membangun kerja sama dengan provinsi lain di sekitar DIY seperti dengan Pemprov Jawa tengah (perbatasan)

Kedelapan, merekomendasikan agar Dinas Kesehatan berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan untuk dapat memberikan perlindungan dan memberikan fasilitas operasional yang memadai kepada Mahasiswa Kedokteran/Mahasiswa Keperawatan yang saat ini turun langsung dalam sebagai tenaga Kesehatan di berbagai RS.

Secara khusus Stevanus C Handoko menambahkan agar support system berbasiskan Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi warga isoman dapat segera diwujudkan agar proses penanganan warga masyarakat yang isoman dapat dilakukan sehingga kehadiran Pemerintah Daerah DIY dapat dirasakan di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu, support system ini juga dapat digunakan untuk membantu memonitor perkembangan kesehatan (progress), jumlah warga yang isolasi mandiri, lokasi isoman, memonitor bantuan seperti vitamin, obat/terapi kesehatan, bantuan makanan hingga bantuan sosial lainnya. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here