Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPemda DIY Bakal Cek Acak untuk Pastikan Pemudik Sudah Divaksin

Pemda DIY Bakal Cek Acak untuk Pastikan Pemudik Sudah Divaksin

bernasnews.com – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY bakal melakukan pengecekan acak untuk memastikan pemudik sudah divaksin. Sebagaimaha diketahui, pemerintah pusat memberikan izin mudik lebaran dengan syarat vaksinasi. Kemudian daerah Yogyakarta sendiri memang kerap menjadi salah satu tujuan mudik Idul Fitri.

Pengecekan acak tersebut bakal dilakukan di sejumlah destinasi wisata misalnya saja di Malioboro. Hal ini untuk mwmastikan bahwa pemudik sudah divaksin.

“Nanti akan kita lakukan sampling di destinasi wisata. Misalnya, di Malioboro, Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2. Dan, di beberapa tempat yang lain kami akan lakukan sampel acak saja,” kata Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji di Kompleks Kepatihan pada Jumat (15/4/2022).

Aji menyebut bila ditemukan pemudik yang belum vaksin, maka akan diarahkan untuk menuju ke sentra vaksin yang sudah ada. Saat libur Idul Fitri, sentra vaksinasi bakal tetap beroperasi bahkan terdapat pula layanan vaksinasi di bandara.

“Nanti kita siapkan (sentra vaksin), sepanjang bukan hari pertama atau kedua Lebaran. Kan sentra-sentra vaksin ada di semua puskesmas, dinas kesehatan, yang terdekat mana akan kita minta untuk ikuti vaksinasi. Di Bandara, kita juga buka layanan vaksinasi,” ungkapnya.

Sebelumnya pemerintah pusat menjadikan vaksinasi sebagai syarat mudik atau pelaku perjalanan. Masyarakat yang baru mendapatkan 1 dosis vaksin harus menyertakan hasil negatif COVID-19 swab PCR. Bagi yang sudah mendapat vaksinasi dosis 2 bisa menyertakan hasil swab PCR atau Antigen. Masyarakat tidak perlu menyertakan hasil negatif COVID-19 swab PCR atau Antigen bila sudah divaksin dosis 3 atau booster. ***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments