Home Opini Pembina Pramuka dan Gerakan Pramuka “Kena Awu Anget”

Pembina Pramuka dan Gerakan Pramuka “Kena Awu Anget”

702
0
Agung Budi Putranto, Pembina Pramuka SMA BOSA Yogyakarta dan di beberapa sekolah. Foto : Dok Pribadi

BERNASNEWS.COM – Kejadian yang melanda SMPN 1 Turi yang mengakibatkan 10 peserta didik meninggal dunia dalam rangkaian latihan Kepramukaan di sekolah dengan kegiatan susur sungai tak bisa dipungkiri sebagai tanggungjawab pembina yang mendampingi kegiatan tersebut. Dan pimpinan sekolah juga selayaknya bertanggungjawab.

Dan kita salut kepada para relawan dari berbagai unsur masyarakat yang dengan ikhlas membantu sampai hari ini untuk pemulihan kondisi peserta didik sehingga dapat melanjutkan aktifitas belajar disekolah.

Dan rasa duka yang tak terhingga bagi keluarga korban dan kita pun berharap semoga mereka dapat menerima dengan tabah, ikhlas sehingga korban mendapatkan tempat yang layak di surga. Walaupun secara manusiawi ini sangat berat, tapi secara iman ini adalah sudah rencana Tuhan.

Dengan kejadian tersebut banyak wali siswa yang merasa khawatir untuk mengikutsertakan anak-anaknya dalam kegiatan Pramuka. Untuk sementara kegiatan di luar sekolah ditunda sampai SOP dari Dinas Pendidikan Sleman keluar sesuai instruksi Kepala Dinas. Dan Pembina Pramuka dan Gerakan Pramuka pun kena awu anget dengan kejadian tersebut.

Banyak sekolah yang menunda bahkan membatalkan kegiatan outbound, kemah dan lain-lain sehingga program kerja di sekolah harus ditinjau ulang dan merencanakan proses penilaiannya. Sementara banyak bumi perkemahan dan desa wisata menerima pembatalan untuk berkegiatan di wilayah Sleman. Dan hal ini membuat desa wisata harus menerimanya.

Sebagai pembina Pramuka, saya berharap agar orangtua, sekolah, pembina Pramuka dan semua unsur pengambil kebijakan dapat mengambil pelajaran dari kejadian ini. Setiap unsur di dunia pendidikan lebih bijaksana mengambil keputusan, sehingga pembinaan generasi muda dapat terlaksana dengan menghasilkan generasi yang handal, kuat dan berkarakter unggul. Salam Pramuka. (Agung Budi Putranto, Pembina Pramuka SMA BOSA Yogyakarta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here