Tuesday, June 28, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPembangunan TPST Transisi di Piyungan Capai 30 Persen

Pembangunan TPST Transisi di Piyungan Capai 30 Persen

bernasnews.com – Progres pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Transisi di Ngablak, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta disebut telah mencapai 30 persen. Hal itu disampaikan oleh Penanggungjawab Teknis Lapangan TPST Transisi Piyungan, Iwan Ariantobdalam peninjauan lokasi proyek pada Senin (20/6/2022).

Dia menjelaskan bahwa luasan galian TPST Transisi di Piyungan itu sebesar 10.121 meter persegi dengan kedalaman 5,5 meter di selatan dan 7 meter di utara. Kemudian masih di lokasi itu, Iwan menjelaskan bahwa nantinya akan dibuat tampungan sampah dengan kapasitas 171.000 kubik.

Tampungan yang akan dibuat itu bakal dilengkapi dengan lapisan di bawahnya berupa lapisan kedap geomembran dan geotekstil yang nantinya berfungsi untuk mengalirkan air dari sampah ke pengelolaan air limbah.

Ketika ditanya soal target penyelesaian TPST Transisi di Piyungan ini, Iwan optimis proyek ini bakal rampung Agustus 2022 mendatang. Hal tersebut, diungkakannya terlihat dari progres proyek mencapai 30 persen.

“Kontrak kita sampai 31 Agustus. Progress kita sudah mencapai 30 persen. Dari rencana 19 persen, kami deviasi positif 11 persen,” kata Iwan.

Adapun kendala yang kerap dihadapi selama proyek ini berlangsung ialah kondisi cuaca apalagi jika hujan turun. Iwan menjelaskan bahwa jika hujan turun maka proses pengerjaan dengan alat tidak bisa maksimal.

“Kita berusaha (segera menyelesaikan). Kendala di lapangan dinamika yang tidak bisa kita hadapi itu cuaca ketika ada air hujan, ” katanya.

Sementara itu Gimmy Rusdin, Ketua Komisi C DPRD DIY mengapresiasi progres pembangunan TPST Transisi di Piyungan ini yang sudah mencapai 30 persen. Ia berharap progres yang baik terus ditingkatkan.

“Harapan saya apa yang dikeluhkan masyarakat sekitar maupun pemerintah bisa berjalan dengan baik. Ini semua akan segera kita dorong progresnya. Khusus untuk persoalan kesepakatan, saya mohon Dinas PU dan Dinas Lingkungan segera bertemu. Komisi C mendukung agar ini bermanfaat bagi masyarakt DIY,” katanya. (van)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments