Home Seni Budaya Pembagian Gunungan Hajad Dalem Kraton Yogyakarta, Tahun 2020 Ini Dilakukan Terbatas

Pembagian Gunungan Hajad Dalem Kraton Yogyakarta, Tahun 2020 Ini Dilakukan Terbatas

391
0
Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Condrokirono, Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. (Foto: Repro Video)

BERNASNEWS.COM — Tahun ini ada yang berbeda terkait keberadaan halaman Kraton Yogyakarta atau sering disebut dengan kagungan dalem Alun-alun Utara Yogyakarta. Kekinian lapangan itu telah diberi pagar keliling yang konon menurut sejarah asal muasalnya lapangan memang berpagar.

Selain itu biasanya setiap bulan penanggalan Jawa, bulan Sapar dan Mulud selalu ada keramaian Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) yang telah ditiadakan sejak tahun lalu juga adanya perhelatan Hajad Dalem, berupa keluarnya gamelan sakral milik Kraton Yogyakarta menuju pagongan (tempat gamelan) di Masjid Agung, Kauman, Yogyakarta. Juga Garebeg Mulud, dengan pembagian gunungan langsung di tengah masyarakat.

Untuk tahun 2020 ini semua kegiatan itu ditiadakan. Sementara pembagian gunungan dilakukan secara terbatas tidak untuk rayahan warga seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebagaimana pesan atau informasi yang disampaikan oleh Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Condrokirono selaku Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat melalui video yang telah viral di media sosial, dengan narasi sebagai berikut;

Lambang Kraton Yogyakarta. (Foto: Repro)

Assalamualikum Wr wb, Salam sejahtera bagi kita semua

Seiring dengan kondisi tanggap darurat Covid-19 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sekaligus mentaati anjuran dari pemerintah, kami informasikan bahwa rangkaian kegiatan Hajad Dalem; Miyos Gangsa, Kondur Gangsa dan Garebeg Mulud yang sedianya berlangsung sejak 22 Oktober hingga 29 Oktober Tahun 2020/ Jimakir 1954 akan ditiadakan.

Meskipun demikian, kraton akan tetap melakukan penyesuaian prosesi pembagian gunungan secara terbatas tanpa mengurasi esensi dan filosofi Garebeg sebagai bentuk konsistensi pelestarian budaya.

Semoga kesehatan, kekuatan, kesabaran selalu menyertai, sekaligus situasi segera pulih kembali. Matur nuwun, salam hangat dari Kraton Yogyakarta. Wassalamualaikum Wr.wb.

Video penyampaian pesan atau informasi oleh GKR Condrokirono tersebut, merupakan karya atau produksi dari Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, tertulis pada akhir tayangan penyampaian informasi. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here