Home News Peluncuran Buku ‘Pengabdian Pendidik Di Bukit Menoreh’, Buku Perdana Karya Guru KB,...

Peluncuran Buku ‘Pengabdian Pendidik Di Bukit Menoreh’, Buku Perdana Karya Guru KB, TK dan SD Masudirini St. Theresia Boro

258
0
Sr. M. Flrorentine OSF selaku Kepala Perwakilan Yayasan Marsudirini Boro (kanan) secara simbolis menyerahkan buku 'Pengabdian Pendidik Di Bukit Menoreh' kepada para penulis/ pengiri buku para Guru KB, TK dan SD Masudirini St. Theresia Boro, Kulon Progo, Sabtu (21/8/2021). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

BERNASNEWS.COM — Dalam situasi pandemi Covid-19 yang masih belum reda ini, kami boleh bersyukur kepada Tuhan yang maha kasih dan berbangga atas semangat para guru dan karyawan KB, TK dan SD Masudirini St. Theresia Boro untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan di bidang jurnalistik.

Hal itu diungkapkan oleh Koordinator SD Marsudirini St. Theresia Boro, Sr. M. Christera OSF dalam sambutan acara peluncuran buku ‘Pengabdian Pendidik Di Bukit Menoreh’, Sabtu (21/8/2021), di Aula SD Marsudirini St. Theresia Boro, Kulon Progo, DIY.

Koordinator SD Marsudirini St. Theresia Boro, Sr. M. Christera OSF saat menyampaikan sambutan dalam acara peluncuran buku ‘Pengabdian Pendidik Di Bukit Menoreh’, Sabtu (21/8/2021). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

Acara yang diselenggarakan dengan protokol kesehatan ketat itu dihadiri 12 penulis buku yaitu, E. Sutini, Clara Endri P, Th. Ika Ayu LN, Y. Tusmiyati, Mria Putri N, Ch. Sri Surmaryani, Sumaryanti Ch, A. Susilo Adi, M. Setianingrum S, MM. Ratri Retnowati, Monica Ika Mahar A, dan Sr. M. Christera OSF. Juga hadir Sr. M. Flrorentine OSF selaku Kepala Perwakilan Yayasan Marsudirini Boro, Editor Buku Z. Bambang Darmadi, serta perwakilan guru dan karyawan.

“Buku ini merupakan salah satu kado istimewa dalam mengisi kegiatan dan rangkaian peringatan usia ke-90 tahun SD Marsudirini St. Theresia dan usia ke-53 tahun TK Marsudi Santa Theresia Boro, pada tahun 2021 ini hadir dan berkarya melayani masyarakat luas,” ucap Sr. M. Christera OSF.

Dikatakan, buku ‘Pengabdian Pendidik Di Bukit Menoreh’ merupakan karya perdana dari beberapa guru dan karyawan yang sebelumnya tulisan-tulisan tersebut telah dimuat di media cetak maupun media online. “Ternyata ternyata Tuhan memberikan talenta dan talenta itu diasah saat pembelajaran. Tidak mudah untuk menulis dan menjadi buku karena banyaknya alas an kesibukan,” ujar Sr. M. Christera OSF.

Secara simbolis Z. Bambang Darmadi selaku Editor buku ‘Pengabdian Pendidik Di Bukit Menoreh’ menyerahkan buku sebagai bentuk pertanggungan jawab kepada Koordinator SD Marsudirini St. Theresia Boro, Sr. M. Christera OSF. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Sementara itu, Z. Bambang Darmadi selaku Editor menjelaskan, bahwa buku karya para guru dan karyawan KB, TK dan SD Masudirini St. Theresia Boro tersebut berisi 37 tema tulisan, dengan tebal buku terdiri 225 halaman, diterbitkan oleh IAM Publishing, Semarang.

Paparan buku merupakan kumpulan opini/ wacana dan sharing kehidupan para penulis, terutama sharing kehidupan dalam mendidik anak didik di sekolah yang dialami secara konkrit dan dilakukan secara keseharian.

“Buku ini juga telah bernomor ISBN, artinya buku karya teman-teman penulis dari Yayasan Marsudi Boro ini juga ada di perpustakaan negara. Buku juga sebagai karya sepanjang masa,” kata Bambang Darmadi yang kesehariannya sebagai dosen ASMI Santa Maria Yogyakarta.

Editor buku juga sebagai penulis puluhan buku bertemakan bisnis dan marketing itu, berharap para guru dan karyawan untuk menulis buku berikutnya. “Buku ‘Pengabdian Pendidik Di Bukit Menoreh’ karya perdana ini bisa dikatakan masih jauh dari sempurna namun menjadi bukti bahwa disela-sela kesibukan sebagai pendidik masih bisa menulis. Oleh karena itu, saya tunggu karya buku berikutnya,” ujar dosen humble yang juga wartawan senior itu.

Acara yang dihadiri oleh belasan orang dengan prokes, menurut Bambang Darmadi merupakan acara yang istimewa, dari tanggal penyelenggaraan berangka 21, tanggal 21 Agustus 2021 yang akan berulang 1.000 tahun lagi. Juga barengan dengan acara pelepasan purna tugas Bapak A. Susilo Adi selaku Guru SD Marsudirini St. Maria Boro, salah satu penulis buku, serta bertepatan hari ulang tahun kelahiran Sr. M. Christera OSF, Koordinator SD Marsudirini St. Theresia Boro, Kulon Progo. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here