Home News Pelatihan Dasar Menjadi Hacker dan Hipster Start-Up Digital, Kerjasama Kominfo RI dan...

Pelatihan Dasar Menjadi Hacker dan Hipster Start-Up Digital, Kerjasama Kominfo RI dan FBE UAJY

46
0

BERNASNEWS.COM — Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FBE UAJY) melalui Tim Penjajakan dan Implementasi Kerjasama Laboratorium Inovasi Bisnis bersama Gerakan Nasional 1000 Start-Up Digital telah menyetujui untuk melakukan kerjasama, Selasa (12/10/21).

Kerja sama tersebut adalah menyelenggarakan Pelatihan Sekolah Beta dalam rangka mendukung pertumbuhan ekosistem start-up digital di Indonesia. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Dekan dan Pengurus FBE UAJY. Dari pihak Kominfo RI diwakili oleh  Sebastian Alex Dharmawangsa (Direktur Program Gerakan Nasional 1000 Start-Up Digital) dan Irvindio Patrianusa (Regional Officer Kominfo Yogyakarta).

“Pelatihan Sekolah Beta ini bertujuan agar mahasiswa dapat mempunyai pengetahuan dasar tentang hacker dan hipster sebagai bekal ketika memulai sebuah start-up bisnis,” jelas Sebastian Alex Dharmawangsa.

Menurut Sebastian, pengetahuan tersebut diharapkan dapat menjadi pendukung di samping pemahaman mahasiswa pada berbagai konsep yang terkait dengan bidang Ekonomi, Manajemen, maupun Akuntansi. “Terkait dengan Sekolah Beta, Kominfo RI telah melakukan kerja sama dengan sejumlah PTN dan PTS di seluruh Indonesia, termasuk UAJY,” katanya.

Dikatakan, bahwa Pelatihan Sekolah Beta mempunyai dua program, yaitu program pelatihan dasar tentang tugas hacker dan hipster pada Start-Up Digital. Program pelatihan untuk hacker terkait dengan dasar pemrograman aplikasi digital maupun website. Program pelatihan untuk hipster terkait dengan pengenalan disain dan inovasi digital.

Sementara, target peserta pelatihan Sekolah Beta adalah mahasiswa aktif FBE UAJY yang memiliki minat untuk terjun dalam bidang start-up. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 4 minggu pada setiap Hari Sabtu yang dimulai pada akhir bulan Oktober 2021.

“Kami menyambut baik dan antusias tawaran kerjas sama Pelatihan Sekolah Beta,” ungkap Budi Suprapto selaku Dekan FBE UAJY.

Dengan Pelatihan Sekolah Beta, lanjut Budi, berharap mahasiswa FBE UAJY dapat memanfaatkan kesempatan emas tersebut. Menurut Budi, pelatihan tersebut juga diharapkan sebagai awal pembentukan Laboratorium Inovasi Bisnis dan Laboratorium Ekonomi Terapan FBE UAJY yang dalam proses pembentukan.

“FBE UAJY terus menjajagi peluang kerja sama dengan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Perusahaan (BUMN/Swasta) dan lembaga lain untuk mempersiapkan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kuliah Merdeka (MBKM),” jelas Y. Sri Susilo selaku Kaprodi Ekonomi Pembangunan FBE UAJY, yang juga Humas FBE UAJY dalam rilisnya, Kamis (14/10/2021)..

Sampai saat ini FBE UAJY telah menjalain kerja sama dengan sejumlah lembaga/ Organisasi seperti Bank Indonesia, ISEI Cabang Yogyakarta, OJK DIY, Pemerintah Daerah, Perusahaan (BUMN/Swasta) dan Perguruan Tinggi baik di dalam negeri maupun di luar negeri. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here