Home News Pelantikan Kepala Daerah Dilakukan pada Minggu Keempat Bulan Februari 2021

Pelantikan Kepala Daerah Dilakukan pada Minggu Keempat Bulan Februari 2021

727
0
Calon Bupati Dra Hj Kustini SP dan Calon Wakil Bupati Danang Maharsa SE. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Pelantikan kepala daerah, seperti Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota, hasil Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) 9 Desember 2021 lalu, diundur hingga minggu keempat bulan Februari 2021 ini. Semula pelantikan direncanakan dilakukan pada 17 Februari 2021.

Berdasarkan surat pemberitahuan dari Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Drs Akmal Malik MSi mewakli Mendagri Tito Karnavian, tertanggal 15 Februari 2021, pelantikan dilakukan pada minggu keempat bulan Februari 2021. Dan pelantikan akan dilakukan oleh Gubernur/Kepala Daerah setempat secara virtual atau teleconference/ video conference dengan tetap berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Terkait dengan hal tersebut, Dirjen Otonomi Daerah meminta Gubernur, Ketua DPRD Kabupaten/Kota serta Ketua KPU setempat agar mempercepat proses pengusulan, pengesahan dan pengangkatan Bupati/Wakil Bupati atau Walikota/Wakil Walikota agar dapat dilantik bersama-sama pada minggu IV bulan Februari 2021.

Menurut Dirjen Otonomi Derah Kemendagri Akmal Malik, yang dilantik pada minggu keempat bulan Februari 2021 adalah Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota yang masa jabatannya berakhir pada bulan Februari 2021 dan tidak ada sengketa perkara di Mahkamah Konstitusi. Selain itu, Kabupaten/Kota yang ada sengketa perkara diMahkamah Konstitusi namun sengketa tersebut sudah diputuskan/ditetapkan oleh Mahkamah Konstitusi pada tanggal 15-16 Februari 2021 untuk tidak dilanjutkan perkaranya pada sidang berikutnya atau ditolak.

Dengan ketentuan tersebut, maka pelantikan Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunung Kidul di Provinsi DIY juga akan dilakukan pada buan keempat bulan Februari 2021.

Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Sleman Dra Hj Kustini Sri Purnomo dan Danang Maharsa SE yang dihubungi Bernasnews.com secara terpisah pada Rabu 17 Februari 2021 mengaku belum tahu tanggal persis tanggal pelantikan.

Menurut Danang Maharsa bila mengacu pada surat Dirjen Otonomi Daerah Kemendari tersebut yakni pelantikan pada minggu keempat bulan Februari 2021 maka antara tanggal 24 hingga 26 Februari 2021. “Dari Surat itu maka diperkiraan antara tanggal 24-26 Februari. Tapi tanggal pastinya juga belum tahu, masih menunggu hasil rapat dari Provinsi (DIY),” kata Danang Maharsa saat ditanya Bernasnews.com kapan tanggal persis pelantikannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here